Logo Saibumi

Banyak e-KTP Yang Belum Jadi, Disdukcapil Kota Bandar Lampung Minta Masyarakat Tidak Buat Dokumen Ganda

Banyak e-KTP Yang Belum Jadi, Disdukcapil Kota Bandar Lampung Minta Masyarakat Tidak Buat Dokumen Ganda

Kadis Dukcapil Ahmad Zainuddin | Anisah Farras/saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung menuturkan kendala proses pembuatan e-KTP, banyak warga yang membuat dokumen ganda menjadi salah satu hambatannya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kota Bandar Lampung Ahmad Zainuddin Mengatakan bahwa sebagai warga negara yang baik harus bersikap jujur dalam mendaftarakan diri dalam KK baru.

"Dengan catatan Bapak dan Ibu harus jujur," ungkapnya, Jumat 18 Mei 2018.

Dua hal yang sering ditemukan oleh Dukcapil Kota Bandar Lampung dalam kasus warga yang mengeluhkan e-KTPnya tidak kunjung selesai tercetak. 

"Ada yang memang sengaja bapak dan ibu tidak tahu itu salah. Dengan sengaja sengaja membuat dokumen ganda," ungkap dia di Lingkungan KUA Kemiling. 

Sebagai contoh punya istri muda, tidak menutup kemungkinan. Karena kasus tersebut yang sering terjadi, contoh nama Agus Kuncoro, terus pindah ke kelurahan lain, buat KK baru dengan nama A titik (.) Kuncoro, sudah dapat dua dokumen KK. 

"Saya jamin ini KTP tidak bisa buat e-KTP. Kenapa karena NIKnya dua dan Namanya dua, walaupun orangnya satu,”tegasnya.

Kasus yang marak terjadi dan ditemukan adanya warga yang pindah dari kabupaten lain ke Kota Bandar Lampung dan tidak membawa Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) dari kelurahan sebelumnya. 

"Yang kedua kalau pindah, itu harus melapor. Pertama ke Lurah dan langsung ke Disdukcapil untuk di perbaiki. Lalu apabila tidak membawa SKPWNI, dan melakukan perekaman di Kota Bandar Lampung, medapat NIK, namun saya jamin tidak akan jadi,"tutup dia.(*)

Laporan kontributor Saibumi.com Anisah Farras

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.