Logo Saibumi

Marak Terorisme, Berikut Saran Kepala BIN Provinsi Lampung

Marak Terorisme, Berikut Saran Kepala BIN Provinsi Lampung

Kepala BIN Provinsi Lampung (baju putih) | Anisah Farras/saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Marak insiden dan isu terorisme di beberapa kota Indonesia, berbagai upaya pengaman, pencegahan dan kewaspadaan perlu ditinggakan. Menanggapi hal tersebut, berikut saran yang diberikan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Provinsi Lampung Brigjend TNI Daru Cahyono.

Ia menimbau agar seluruh stakeholder terkait semakin waspada dan memperketat penjagaannya. 

"Memperketat pengamanan, besatu padu, bersinergi, dari pihak kepolisian, TNI, stakeholder, dan masyarkat pun berperan dalam mengamankan lingkungan sekitar," ungkapnya saat ditemui Rabu, 16 Mei 2018.

Tempat umum dan fasilitas publik menurutnya menjadi salah satu titik yang memerlukan pengamanan ekstra. 

"Di Mall, dipusat perbelanjaan, pasar, perkantoran juga harus diperketat untuk keamanan umum," jelasnya di ruang rapat Walikota Bandar Lampung.

Ia menambahkan, peran ketua lingkungan penduduk sangat penting sebagai langkah awal mendeteksi dini apabila ada hal-hal yang mecurigakan di lingkungan masyarakatnya.

"RT harus tanggap, dipilah, untuk kebaikan. Juga terkait pengiriman paket pun harus diwaspadai," papar Daru. 

Kepala BIN ini berharap, memanfaatkan moment Ramadhan ini, para pemuka agama dapat memberikan materi yang baik, bernilai positif, tidak menggemborkan suatu kelompok ataupun aktifitas yang merugikan bagi pihak lainnya.

"Menjelang puasa atau lebaran, saya mengimbau kepada para penceramah, jangan memaparkan materinya yang terlalu bersifat provokatif," tutupnya. (*)

 

Laporan kontributor Saibumi.com Anisah Farras

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.