Logo Saibumi

Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa ITB Ini Akan Bangun Infrastruktur Air Bersih di Way Gubak

Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa ITB Ini Akan Bangun Infrastruktur Air Bersih di Way Gubak

Mahasiswa ITB didampingi Lurah Way Gubak dan Bhabinkamtibmas di Kantor Kelurahan Way Gubak, Rabu, 16 Mei 2018 | Obbie Fernando/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Keluarga Mahasiswa Infrastruktur Lingkungan (KMIL) Institute Teknologi Bandung (ITB) melakukan penelitian terkait pembangunan infrastruktur air bersih di kelurahan Way Gubak Bandar Lampung, Rabu, 16 Mei 2018.

Radhitiya Al Furqan, Muchammad Amien Reza, Sena Moses Satria, Arvin Reimizar Sini adalah perwakilan mahasiswa dari ITB yang bertujuan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat.

"Jadi kita ke Lampung sebenernya ini bentuk dari salah satu tridharma perguruan tinggi poin ketiga yaitu pengabdian masyarakat. Ini bentuk kami untuk pengabdian ke masyarakatnya, kita ke Lampung tepatnya di Kelurahan Way Gubak mau melakukan pengadaan air bersih," ungkap Radhitiya.

Pihak ITB mendukung dengan adanya program kerja yang dibentuk oleh KMIL walapun dibalik semua itu ada sedikit masalah internal.

"Kalo bentuk dukungan dari kampus kita sudah koordinasi ke program studi dan ke kemahasiswaan juga. Sebenernya kita kemaren ini sedikit ada masalah sih, tapi sebetulnya kemahasiswaan mendukung sekali tapi permasalahan izin dan birokrasi kampus aja kita ada problem," Lanjut mahasiswa ITB ini.

Way Gubak merupakan salah satu kelurahan yang ada di pinggiran Kota Bandar Lampung, daerah perbukitan ini masih mempunyai masalah tentang air bersih.

"Jadi permasalahan di Way Gubak itu pertama kalo saya tahu dari internet, sebetulnya waktu itu saya diamanahkan dari ketua sebelumnya untuk cari daerah yang butuh penyelesaian masalah di bidang air bersih. Lalu saya cari di internet, saya buka website saibumi.com ada berita kekeringan di daerah Way Gubak. Saya cari tahu permasalahannya apa, sampai saya survey juga," jelasnya.

Iya mengharapkan program ini berjalan sesuai perencanaan yang dibuat. "Harapannya kedepannya program ini bisa sukses, tepat guna dan infrastruktur air bersih yang kita bangun bisa dipakai berkelanjutan. Artinya jangan sampai setelah kita bangun lalu kami tinggalkan terus enggak berfungsi lagi, itu kami gak mau," tutupnya.(*)

Laporan Kontributor Saibumi.com Obbie Fernando

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.