Logo Saibumi

Masyarakat Lampung Barat Protes Struktur Perangkat Pekon yang Dijabat Satu Keluarga

Masyarakat Lampung Barat Protes Struktur Perangkat Pekon yang Dijabat Satu Keluarga

Kantor Pekon Ringin Jaya, juga kosong saat disambangi Saibumi.com | Faria Ali/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Barat - Masyarakat Pekon Ringin Jaya Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat memprotes struktur kepengurusan kelurahan yang mereka anggap sarat akan nepotisme. Hal itu dikarenakan jabatan perangkat pekon dikelola oleh satu keluarga, yaitu bapak, anak dan saudaranya. 

Salah satu warga, berinisial MR mengatakan jika warga seharusnya memiliki kesempatan yang sama dalam struktur kepengurusan pekon.

"Kami selaku masyarakat tidak setuju jika halnya struktur pengurus pekon ini hanya dipegang oleh orang satu rumah. Apakah tidak ada masyarakat lain yang mampu mengemban amanah tersebut," kata dia kepada Saibumi.com, Senin, 14 mei 2018.

Ia menambahkan, dengan struktur kepengurusan yang saat ini ada, Ia khawatir dapat ada rencana tidak baik yang dibawa. 

"Bayangkan, bendaharanya MA dan BS selaku Kasi Pemberdayaan adalah anak kandung Peratin. Sedangkan PW juga masih keluarganya yang baru datang dari Jawa," ungkap dia.

Menurutnya, di era demokrasi saat ini tidak seharusnya merekrut pekerja dengan dasar keluarga atau orang dekat. 

"Jaman ini bukan jaman kerajaan, ini jaman demokrasi, bagaimana mau memberdayakan masyarakatnya untuk kemajuan pekon, jika kepemimpinan seperti sekarang ini, kami minta Pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon bisa mengevaluasi masalah ini karena kami selaku masyarakat sudah jenuh dengan sikap peratin ini," kata dia.

Dilain pihak, YS justru mempertanyakan cara kepemimpinan oknum tersebut. Pasalnya, Ia diberhentikan dengan tidak terhormat dan digantikan dengan orang yang menurutnya tidak kompeten. 

"Saya pernah menjabat pemangku, tetapi tidak tahu apa alasan peratin malah saya di berhentikan, tetapi ini saya terima apa adanya. Namun yang mengganjal perasaan saya kenapa pengganti saya malah orang yang tamat SMA saja tidak, artinya kepemimpinan peratin ini patut dipertanyakan," kata dia.

Dikonfirmasi terpisah Peratin Pekon Ringin Jaya Laminto, tidak menampik jika ada beberapa perangkat pekon yang masih saudara bahkan anak kandungnya.

"Saya tidak menyangkal kalau ada perangkat pekon ini masih keluarga saya. Tetapi ini menurut saya sudah benar karena satu-satunya jalan untuk memajukan pekon ya dengan dibantu oleh keluarga," kata Laminto. (*)

 

Laporan kontributor Saibumi.com Faria ali

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.