Logo Saibumi

Cita Rasa Perancis, Lezatnya Aneka Roti Ala Jon's Boulangerie & Patisserie

Cita Rasa Perancis, Lezatnya Aneka Roti Ala Jon

Jon's Boulangerie & Patisserie, Jl. Jendral Sudirman no. 55E, Rawa Laut, Bandar Lampung. Buka mulai pukul 07.30 - 21.30 WIB | Anisah Farras/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Perancis merupakan negara pencetus dunia kuliner, banyak istilah-istilah kuliner di Indonesia bahkan di Lampung yang menggunakan bahasa Perancis. Seperti halnya salah satu toko roti yang kini makin eksis di kalangan pcinta kuliner Lampung yaitu Jon's Boulangerie & Patisserie.  

Manager Jon's Boulangerie & Patisserie Anas mengatakan hal ini terinspirasi dari bahasa perancis dan diambil dari nama pemiliknya, itulah asal mula nama brand tersebut dibuat.  

"Nama kita ambil dari bahasa perancis, boulangerie itu bakery berhubungan dengan roti. Patisserie itu sendiri berhungungan dengan cake, pastry. Sedangkan Jon's sendiri yang punya tempat kita, namanya bapak Joni, Joni Mursalin," ungkap Anas, 10 Mei 2018.

 

Aneka Roti di Jon's Boulangerie & Patisserie | Anisah Farras/Saibumi.com

Sekitar 20 Mei 2017 Jon's Boulangerie & Patisserie resmi dibuka pertama kalinya di Lampung.”Sekitar tahun yang lalu, bentar lagi 1 tahun," tambahnya. 

Produk jenis roti sendiri yang menjadi best seller yaitu roti feeling durian,  walnut timmy creamy, sponge tart cheese, nagoya, choco lover, dan almod croissant. Saat menyobek roti duriannya. aroma khas durian dan tekstur daging durian asli berwarna agak hijau pudar sangat menggugah selera. 

Jon’s sangat mengutamakan kualitas bahan baku untuk memproduksi roti-rotinya, seperti halnya pemilihan buah durian yang cukup selektif.

 

Aneka Roti di Jon's Boulangerie & Patisserie | Anisah Farras/Saibumi.com

"Durian kan buah musiman, misal di Lampung tidak musim, kita cari dikota lain. Biasanya kita ambil di Medan, namun kita harus tau langsung proses pembekuan buah durian tanpa kulit seperti apa, bagaimana higinis tempat produksi pengemasan, lokasi sanitasi penjual itu kita lihat langsung. Baru kita paket ke Lampung," ungkap nya. 

Penggunaan bahan-bahan yang bermutu atau bahan premium sebagai ciri khas dari Jon's Boulangerie & Patisserie sendiri.”Ingredients, kelas nomor satu lah, kalau isian kita menjaga kualitas. Kayak durian kita nggak pake essens, tapi kita durian asli. Makanya kita menjaga kualitas produk," jelasnya. 

Aneka Roti di Jon's Boulangerie & Patisserie | Anisah Farras/Saibumi.com

Walaupun namanya brand nya mengadopsi bahasa asing, jangan khawatir jika roti yang jual tidak hanya produk bergaya eropa, tetapi di Jon's sendiri sudah memiliki style bakery modern.”Kalo kita variannya sudah modern, modern bakery. Kita menyesuaikan sama customer juga. Eropanya ada, modernnya juga ada," ujarnya

Jenis gaya roti eropa yang memiliki karekateristik dari tekstur keras dengan tidak adanya penggunaan gula dalam bahan.”Kalo yang dominan Peracis itukan, roti European yang tanpa gula, sedikit gula gitu aja. Kalau yeast nya standar lah," kata dia

Aneka Roti di Jon's Boulangerie & Patisserie | Anisah Farras/Saibumi.com

Jon's Boulangerie & Patisserie memiliki produk aneka jenis roti, seperti roti eropa yang tanpa gula, roti manis, cakes, dan pastry. Produk unggulan di Jon's Boulangerie & Patisserie yang paling laris ialah jenis roti manis dan croissant dibandingkan jenis kue ataupun pastry. 

"Kalo tingkat penjualan sih banyakan customers di pilihan bread, kalo cake kan cuma ada di acara-acara tertentu seperti ulang tahun," jelasnya

 

Aneka Roti di Jon's Boulangerie & Patisserie | Anisah Farras/Saibumi.com

Nah, yang mau pesan kue ulang tahun atau buat event anniversary juga bisa loh, disini menyediakan kue dengan ukuran terkecil berdiameter 15cm dan terbesar berdiamter 40cm dengan harga menyesuaikan ukuran yang dipesan. 

Bila ingin memesan cakes ukuran diameter besar, diwajibkan order telebih dahulu dengan DP 30 persen dari total harga cakes yang dipesan. Jadi tidak bisa take away, karena tidak menyediakan stock cakes yang berukuran besar.

"Kalo ada customers yang pesan ukuran 40 cm, kita bikinin. Order satu hari sebelum pengambilan," katanya. 

 

Aneka Roti di Jon's Boulangerie & Patisserie | Anisah Farras/Saibumi.com

Berbicara soal produk yang dijual Jon’s membandrol harga cukup terjangkau dan tidak perlu mengeluarkan budget besar. Untuk produk aneka roti berkisar Rp8 ribu - Rp20 ribu.

"Dari harga delapan ribu keatas, itu breadnya. Untuk cake ukuran slice mulai dari duapuluh ribu sampai limapuluh ribu. Kemudian yang untuk kue ulang tahunnya dari harga seratus limapuluh ribu sampai dengan limaratus ribu," tutur nya. 

Berbicara pangsa pasar, sekitar 70 persen customers yang datang adalah kaum ibu-ibu dan sisanya pelanggan lainnya.”Kadang keluarga, ada juga sih pasangan. Awalnya sih segmentasi kita umum," jelas dia.

 

Aneka Roti di Jon's Boulangerie & Patisserie | Anisah Farras/Saibumi.com

Menjelang puasa dan lebaran, pasti banyak orang yang berburu kue kering sebagai suguhan di rumah, disini memberikan promo khusus produk cookies dan roti tawar sebesar 20 persen. Menarik bukan, harga bersahabat, rasa berkualitas, sangat memuaskan. 

Perlu diketahui, letak Jon's Boulangerie & Patisserie di Jalan Jendral Sudirman no. 55E, Rawa Laut, Bandar Lampung. Buka mulai pukul 07.30 - 21.30 WIB. Silakan berkunjung food lovers!

Laporan kontributor Saibumi.com Anisah Farras

Video by : Anisah Farras/Saibumi.com

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner