Logo Saibumi

Asah Kemampuan Seni, Pelajar SMA Xavepa Bandar Lampung Gelar Pertunjukan Teater

Asah Kemampuan Seni, Pelajar SMA Xavepa Bandar Lampung Gelar Pertunjukan Teater

Pertunjukan Teater SMA Xaverius Pahoman Bandar Lampung | Ist

Saibumi.com, Bandar Lampung - Pendidikan bukan hanya soal kemampuan akademis, tetapi harus juga menyentuh sisi lain di luar akademis untuk membentuk karakter siswa. Sisi lain yang tidak kalah pentingnya adalah pendampingan pada sisi kemampuan bersosialisasi. 

SMA Xaverius Bandar Lampung melalui mata pelajaran seni budaya memberikan ruang kepada seluruh siswa kelas XI untuk mengekspresikan segala kemampuannya melalui pementasan seni teater. 

Meskipun awalnya adalah pementasan teater, tetapi pada prakteknya siswa juga menampilkan seni yang lain seperti live music (band akustik),  film pendek, modern dance, seni tari dan persembahan special dari masing-masing kelas XI. 

Pementasan teater kali ini terdiri dari tujuh kali pementasan, enam kali dilaksanakan di gedung teater tertutup taman budaya dan satu pementasan di aula SMA Xaverius Bandar Lampung. 

Guru Seni Budaya SMA Xavepa Maria Mintarsih mengatakan bahwa para siswa memulai kegiatan ini dari nol, mulai dari penyusunan panitia untuk tiap kelas, menggali potensi kelas, membuat proposal, mencari donator, membuat poster, promosi hingga menjual tiket pertunjukan, membuat naskah film dan drama, menyiapkan segala property yang diperlukan untuk pementasan. 

“Semua disusun dan direncanakan sendiri oleh siswa di masing-masing kelas XI, guru sifatnya hanya mendampingi. Maka setiap anak diajak belajar untuk bekerjasama, menurunkan ego, menghargai pendapat teman,  mengembangkan kreatifitas bersama,  berbagi tugas dan pekerjaan,   saling membantu,  belajar disiplin untuk mencapai target,  saling mendukung,  patuh kepada satu komando,  dan mau berkorban waktu untuk menyiapkan semuanya,”ungkapnya kepada Saibumi.com

Pementasan teater yang dilaksanakan pada tanggal 12, 14, 22, 24, 28, 30 april 2018 dan 6 mei 2018 ternyata menarik minat banyak penonton, hal ini terlihat dari jumlah bangku di dalam gedung teater tertutup taman budaya milik Dinas Pendidikan Provinsi Lampung yang selalu terisi penuh bahkan sampai menggunakan kursi tambahan. 

“Penonton yang hadir dalam tiap kali pementasan tidak hanya dari siswa-siwi SMA Xaverius, tetapi banyak dari orang tua siswa, siswa siswi SMP maupun masyarakat umum,”jelas dia.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas Martha Rini Suharti sekalu pendamping siswa-siswi mensosialisasikan kegiatan teater ini berharap dengan pementasan ini para siswa belajar menghargai pendapat orang lain, kerja sama, disiplin, tanggung jawab dan mampu memimpin sebuah proyek. 

“Kegiatan ini ke depan diharapkan bisa menjadi salah satu tampilan seni yang kehadirannya ditunggu-tunggu oleh masyarakat,”tambahnya.

Kepala SMA Xaverius Bandar Lampung, F. Joko Winarno dalam sambutannya dalam acara penutupan pementasan teater menyampaikan apresiasi yang luar biasa untuk semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Kegiatan pementasan ini bukan hanya sekedar mencari nilai rapot mata pelajaran seni budaya, tetapi lebih dari itu. 

“Banyak nilai bisa didapatkan siswa sebagai penyelenggara pementasan teater melalui peran masing-masing. Nilai-nilai yang diperoleh siswa berkaitan dengan nilai karakter maupun budi pekerti yang pasti berkaitan dengan nilai untuk pembentukan kepribadian siswa menjadi lebih baik lagi,”papar dia pada Minggu, 6 Mei 2018 

Melalui Saibumi.com, F. Joko Winarno menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya pementasan teater siswa-siswi SMA Xaverius. 

“Ucapan terima kasih ini secara khusus disampaikan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Lampung atas ijin yang diberikan untuk menggunakan gedung teater tertutup taman budaya, orang tua siswa-siswi SMA Xaverius, Para sponsor atau donator, Para guru pendamping, Humas SMA Xaverius, dan para siswa-siswi SMP Xaverius Bandar Lampung serta SMP Fransiskus Pasir Gintung,”tuturnya 

F. Joko Winarno mengharapkan tahun depan pementasan semacam ini bisa dilaksanakan lagi oleh siswa-siswi SMA Xaverius yang sekarang masih kelas X dengan lebih baik dan lebih kreatif lagi. (*)

 Laporan kontributor Saibumi.com E.G. Prana Denta

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.