Logo Saibumi

Terletak di Jantung Kota Tapis Berseri, Taman Gajah Jadi Markasnya Komunitas

Terletak di Jantung Kota Tapis Berseri, Taman Gajah Jadi Markasnya Komunitas

Taman Gajah, Enggal, Tanjung Karang, Bandar Lampung | Anisah Farras/Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Kemacetan hiruk pikuk Kota Bandar Lampung belakangan ini semakin mengganggu aktivitas masyarakat, minimnya ruang terbuka hijau semakin menambah pelik permasalahan, untungnya ada salah satu tempat yakni Taman Gajah yang telah resmi beroperasi dan kini menjadi angin segar bagi masyarakat.

Nama Taman Gajah semakin hari nampaknya kian ramah ditelinga masyarakat Lampung, pasalnya tempat ini cocok untuk semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Berlokasi di jantung Kota Tapis Berseri tepatnya di Kawasan Enggal, Tanjung Karang, Bandar Lampung tempat ini menjadi wisata baru masyarakat dan tempat berkumpulnya komunitas.

Komunitas sepatu roda | Anisah Farras/Saibumi.com

Akses menuju lokasi ini sangat mudah, jika memulai perjalanan dari arah Teluk Betung lurus saja sampai bertemu Tugu Adipura kemudian belok kanan menuju Jalan Sudirman sekitar 100 meter sudah terlihat nama Taman Gajah. Lokasinya tepat bersebelahan dengan Gedung Olahraga (GOR) Saburai.

Buat yang suka nongkrong bareng temen-temen tempat ini sangat direkomendasikan, bagi kalian yang suka bermain futsal atau basket tempat ini menyediakan fasilitas yang cukup modern.

Lapangan Futsal dan Basket | Anisah Farras/Saibumi.com

Nah, ada beberapa spot yang tidak kalah keren yakni arena skateboard, seperti halnya salah seorang pengunjung bernama Agus yang merupakan anggota dari komunitas BMX Lampung, menuturkan area skatepark dibangun karena hasil diskusi dari pihak komunitasnya, dan saat ini komunitasnya lebih rutin latihan di Taman Gajah.

"Lumayan sering latihan disini. Skatepark ini dibangun dengan diskusi komunitas kami dan pihak pemerintah,"ujar pria mahasiswa UIN Raden Intan.

Komunitas Skateboard di Taman Gajah | Anisah Farras/Saibumi.com

Salah satu anggota Komunitas Pet Lover Lampung Bogle mengaku rutin melakukan perkumpulan di taman ini setiap sabtu dan minggu. Para pecinta reptil ini kerap menunjukan hewan kesayangannya kepada pengunjung Taman Gajah.

"Sering kesini. Kita setiap sabtu minggu melakukan perkumupulan," ujar Bogle saat diwawancarai Saibumi.com

Beberapa komunitas lainnya yang juga meramikan taman ini yaitu para pecinta sepatu roda, Komunitas Lampung Skataboard Division (LDC), Klub Futsal, dan Klub Basket.

Komunitas BMX | Anisah Farras/Saibumi.com

Menurut Ardi, salah satu anggota LDC bahwa arena skatepark bisa digunakan bergantian dengan komunitas BMX. “Ya gantian aja, nggak perlu tunggu sepi kok,”jelasnya.

Hal yang mencuri perhatian pengunjung dari taman ini ialah adanya pertunjukan air mancur setinggi tiga meter dengan pancaran gemerlap lampu warna warni di area arah barat taman saat malam hari.

Spot foto di aman Gajah | Anisah Farras/Saibumi.com

Buat kamu yang suka berswafoto atau candid, banyak spot yang instagramable tersedia di lokasi ini, Graffiti disekitaran dinding taman ini bisa berfungsi sebagai latar foto yang menarik.

Bagi yang beragama muslim dan hendak beribadah, taman ini menyediakan musshola di arah barat. Tempatnya stategis dan luas musshola cukup menampung sekitar 30 orang. 

Dalam keadaan siang hari ini taman ini terlihat sepi pengunjung disebabkan taman gajah imasih dalam proses penanaman pohon.

Musholla Taman Gajah | Anisah Farras/Saibumi.com

Sambil duduk santai pengunjung juga dapat melihat sisi lain dari taman ini yaitu banyaknya lebah yang berterbangan dan sedang menghisap putik kelopak bunga sebagai proses simbiosis mutualisme antara lebah dan bunga.

Nah, jika anda yang membawa kendaraan untuk biaya parkir sepeda motor dipatok sekitar dua ribu rupiah dan untuk parkir kendaraan roda empat dikenakan biaya lima ribu rupiah.

Area Parkir di Taman Gajah | Anisah Faras/Saibumi.com

Salah Satu Pengunjung Hani yang merupakan pelajar Sekolah Global Madani itu berpendapat perlu disediakannya fasilitas parkir yang berjauhan dari kawasan taman agar para pengujung taman dapat lebih mudah menikmati area Taman Gajah tanpa terhalang dari berjejernya parkiran kendaraan yang penuh.

"Merebut hak pejalan kaki yang akan lalu lalang. Harusnya disediakan kantong parkir seperti di Bandung dan Jogja," tutup Hani (*)

Laporan kontributor Saibumi.com Anisah Farras

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner