Logo Saibumi

Pekon Banding Agung Lampung Barat Buat Aturan Wajib Gotong Royong

Pekon Banding Agung Lampung Barat Buat Aturan Wajib Gotong Royong

Perangkat Pekon Banding Agung serta masyarakat, saat gelar musyawarah peraturan pekon | Faria Ali/Saibumi.com

Saibumi.comLampung Barat - Perangkat Pekon Banding Agung Kecamatan Suoh Lampung Barat, gelar rapat musyawarah terkait pembuatan Peraturan Pekon (Perpek). Hal itu dilakukan agar perangkat pekon dan masyarakat bisa mempererat tali silaturahmi dengan cara menggalakkan gotong royong rutin.

Peratin Pekon Banding Agung Suoh Supangat mengatakan, rapat ini membahas terkait kegiatan gotong royong rutin.

"Saya menekankan kepada seluruh masyarakat bisa menggalakkan gotong royong, tetapi hal ini tidak hanya sekedar omongan tetapi kami tuangkan dalam peraturan pekon," kata Supangat.

Setiap masyarakat pekon setempat wajib hadir dalam setiap gotong royong, terkecuali jika ada alasan jelas. Jika tidak hadir tanpa alasan jelas maka akan di kenakan sanksi berupa denda sebesar Rp100 ribu.

"Ini kesepakatan kami. kecuali memang ada kepentingan dan kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan. Nantinya dana denda tersebut akan dikumpulkan kepada bendahara dan akan dijadikan kas pekon, jadi dana itu jelas bukan untuk kami aparat tetapi untuk masyarakat bersama," ungkap dia.

Lanjut Supangat, lokasi yang dijadikan tempat gotong royong hanya satu titik jalan.

"Jadi lokasi wajib gotong royong itu di satu titik badan jalan saja, artinya tidak semua jalan yang ada di pekon ini yang menjadi titik kami gotong royong, artinya di satu titik itu tidak dijadikan alasan bagi aparat dan masyarakat untuk mengikuti aturan ini," kata dia.

Sementara itu juru tulis pekon setempat, Beni Wibowo menambahkan, hal ini dilakukan tidak lain adalah untuk penertiban administrasi yang ada di pekon ini.

"Selain untuk menertibkan administrasi tujuan kami berikan aturan ini yakni agar menambah wawasan masyarakat terkait aturan yang sudah di berlakukan," kata dia. (*)

 

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.