Logo Saibumi

Menelisik Sejumlah Pembangunan dan Bantuan di Pesisir Barat

Menelisik Sejumlah Pembangunan dan Bantuan di Pesisir Barat

Ist

Saibumi.com, Pesisir  Barat - Sesuai Undang-Undang No. 12 tahun 2012 tentang pangan dan pelaksanaan tugas pada 2018, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) mengubah subsidi Beras Miskin (Raskin) menjadi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Bansos Rastra) yang digratiskan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Hal tersebut merupakan bukti nyata upaya pemerintah kabupaten meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sampai saat ini, tercatat sudah ada 11.436 KPM.

 

 

Selama 2017, Pemkab Pesibar telah membangun 100 unit rumah nelayan di Kecamatan Pesisir Tengah dan Lemong. Masing-masing kecamatan mendapat 50 unit yang telah diresmikan beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, pada 12 Februari 2018, Pemkab juga memulai Musyawarah Perencanaan Pembanguan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten (Musrenbang RKPD). Musrenbang ini untuk membahas rencana kerja tahun anggaran 2019 mendatang.

Pada 14 Februari 2018 lalu juga telah dibuka operasi pasar murah bagi masyarakat kurang mampu yang menjual keperluan sehari-hari.

 

 

Tidak hanya itu, program kesejahteraan lain yang ditujukan membantu masyarakat seperti pemasangan subsidi kWh meter listrik gratis untuk masyarakat, agar seluruh pelosok dapat terang dialiri listrik dan bantuan perumahan layak huni bagi nelayan. 

Dari sektor infrastruktur, Pemkab Pesibar menggenjot pembangunan gedung DPRD dan gedung pemerintahan pesisir dengan luas komplek perkantoran tidak kurang dari 11 ha.

Sektor pariwisata juga menjadi perhatian pemkab, untuk mendorong kemajuan kepariwisataan dan kunjungan wisata ke kabupaten ini, pemerintah daerah membuka akses transportasi jalur udara via bandara M. Taufiq Kiemas.

Untuk akses jalan daerah terpencil, Pemkab Pesibar juga membuka akses jalan yang masih terisolir. Seperti jalan di Pekon Way Batu yang semula hanya bisa dilalui pejalan kaki, kini bisa dilintasi roda empat.

Pemerintah Kabupaten Pseibat mengaku akan terus berusaha meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di wilayah tersebut. (**)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.