Logo Saibumi

Rumah Kolaborasi Ajak Media Kunjungi Potensi Wisata di Tanggamus

Rumah Kolaborasi Ajak Media Kunjungi Potensi Wisata di Tanggamus

Para jurnalis saat foto bersama dalam melihat proses potensi wisata di Tanggamus. | Aden Kuswira Wicaksana/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Ulubelu - Rumah Kolaborasi (Ruko) mengajak media melihat langsung potensi wisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus.

Organisasi yang bergerak mendampingi masyarakat ini membina beberapa kelompok masyarakat. Seperti Koperasi Simpan Usaha (KSU) Srikandi dengan unit usaha kopi, pengelolaan wisata alam Danau Hijau dan Air Terjun Lembah Pelangi, serta pelatihan masyarakat.
 
Budi Santoso, pengurus Ruko mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan potensi desa-desa di Kecamatan Ulubelu. 
 
"Tujuannya untuk mengekspose potensi desa-desa di Kecamatan Ulubelu, baik potensi ekonomi seperti pengolahan kopi dan potensi wisata dan budayanya," ujar dia. 
 
Dengan ekspose ini, lanjutnya, diharapkan akan muncul dukungan dan kepedulian dari berbagai pihak luar. 
 
Ia menambahkan, masyarakat memiliki keterbatasan dalam pengembangan potensi tersebut. 
 
"Selama ini, potensi itu tersembunyi. Kita melihat sebenarnya ada para pihak yang bisa membantu, oleh karena itu kita menginisiasi, supaya yang lainpun tergerak untuk membantu masyarakat," papar dia. 
 
Agenda yang bertajuk "jurnalis trip" ini dimulai dengan mengunjungi Danau Hijau, Air Terjun Pelangi, melihat proses pengolahan kopi Ulubelu dan gula aren, serta menyaksikan pertunjukan budaya khas Semende. (*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Aden Kuswira Wicaksana

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner