Logo Saibumi

Hari ini MTQ Tingkat Kabupaten Lampung Barat Dimulai

Hari ini MTQ Tingkat Kabupaten Lampung Barat Dimulai

Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri beserta para undangan lainnya, saat menabuh beduk menandai pembukaan MTQ Lampung Barat.| Ist

Saibumi.com, Lampung Barat  -  Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-21  tingkat Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun 2017 di mulai hari ini. Kegiatan di Islamic Center, di MTs Negeri Liwa dan MAN Liwa ini akan berangsung hingga 16 November 2017.

Bupati  Lampung Barat Hi. Mukhlis Basri saat membuka kegiatan ini, mengatakan  MTQ merupakan wahana ideal dalam upaya meningkatkan ukhuwah islamiyah dan mempererat silaturahmi antar sesama. Dengan kegiatan MTQ tersebut diharapkan menumbuhkan solidaritas, rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin. 

"Penyelenggaraan MTQ ini, satu hal yang menjadi perhatian kita semua bahwa Al-Quran mengajarkan kebenaran dan tata nilai yang kekal dan harus diyakini, dihayati dan diamalkan oleh ummat muslim. MTQ juga mengemban misi yang sangat strategis dalam rangka penguatan pembangunan akhlak manusia dan merupakan wahana untuk mencetak generasi qurani,” kata Mukhlis. 

Bagi generasi qurani bukan semata generasi yang sadar akan kewajiban agamanya dengan menjadikan Al-Quran sebagai sumber panutan, tetapi juga menyerap nilai-nilai luhur yang terdapat dalam kitab suci al-quran tersebut.  Generasi qurani yang sejati akan senantiasa menempatkan dirinya sebagai seorang agen perubahan untuk membawa pembaharuan menuju kehidupan masyarakat yang islami, masyarakat adil dan makmur serta pola kehidupan masyarakat baldatun thoyyibatun warobbun ghofur yaitu negeri yang sentosa, adil dan makmur di bawah lindungan tuhan yang maha pengampun. 

"Saya mengajak kepada umat Islam yang ada di Lambar untuk dapat mengambil manfaat positif semaksimal mungkin dari kegiatan MTQ ke-21 tingkat Kabupaten Lambar  ini baik dalam hal evaluasi atas proses pembinaan baca tulis Al-Quran, maupun juga sebagai wahana untuk memperkokoh ikatan ukhuwah sekaligus menjadi ajang bertukar pikiran guna menggagas kemajuan masyarakat dan daerah,” ungkap dia. 

Mukhlis berpesan kepada para kafilah dan peserta MTQ, agar bermusyabaqoh secara baik, jujur, fair dan sportif dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.  Menang dan menjadi juara adalah sebuah cita-cita, namun dari itu hendaklah jangan dijadikan tujuan utama.  Yang terpenting sesungguhnya adalah bagaimana keberhasilan kita dalam mengaplikasikan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Sementara itu, Ketua LPTQ  Lambar Akmal Abdul Nasir menyampaikan, kegiatan MTQ ke-21 tingkat kabupaten, dilaksanakan mulai tanggal 13 –16 November 2017, diawali dengan rangkaian kegiatan Pawai Taaruf yang telah dilaksanakan sore sebelum pembukaan, yang diikuti oleh seluruh kafilah, para OPD, BUMD, organisasi keagamaan dan peserta lainnya. 

"Cabang-cabang yang dilombakan  pada pelaksanaan MTQ ke-21 Tahun 2017 Kabupaten Lampung Barat  masih mengacu kepada aturan tahun lalu, meliputi  Tartil Quran Putra dan Putri, Tilawah Al Quran Putra dan Putri, Tahfidz Quran Putra dan  Putri, Tafsir Quran Putra dan Putri, Fahmil Quran beregu, Syarhil Quran Beregu, Khotil Quran, Maqalah Al-Quran,” kata dia. 

Lokasi kegiatan pelaksanaan MTQ ke-21 akan dipusatkan di Komplek Islamic Center Sekuting Terpadu Liwa, Aula MTs Negeri  Liwa dan Aula MAN 1 Liwa. "Dewan hakim yang akan menilai pada masing – masing cabang lomba adalah dewan hakim provinsi dan dewan hakim Kabupaten Lampung Barat yang mempunyai keahlian khusus di bidangnya masing-masing,” kata Akmal. 

Kegiatan MTQ ke-21 tahun 2017 yang digelar saat ini, merupakan ajang persiapan kafilah Lampung Barat pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Lampung tahun 2018. Para pemenang lomba masing-masing cabang akan dibina melalui TC dan pembinaan lanjutan lainnya sebelum pelaksanaan MTQ tingkat provinsi dilaksanakan, sehingga diharapkan prestasi Lampung Barat di tahun mendatang semakin meningkat. 

Dalam rangka memeriahkan MTQ ke 21 Tahun 2017, juga digelar lomba qasidah tingkat kabupaten yang diikuti oleh 15 kecamatan dan peserta lainnya. 

"Dan suatu kebahagiaan bagi kita semua, bahwa Group Qasidah Lambaryang diwakili oleh Group Qasidah   Az-Zahra dari Kecamatan Sekincau akan mewakili Provinsi Lampung pada lomba qasidah tingkat nasional di Padang pada bulan November ini,” kata dia. (*) 

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra 


Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner