Logo Saibumi

Manfaatkan Kakao Menjadi Selai

Manfaatkan Kakao Menjadi Selai

Selai Pulpa Kakao. | Istimewa

Saibumi.com, Bandar Lampung - Pemanfaatan kakao di Provinsi Lampung masih kurang dalam penggunaan alternatif selain bahan pembuatan coklat.
 
Hal inilah yang mendasari mahasiswa Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Lampung Teguh Setiawan untuk membuat selai dari kakao. Atau yang dia namakan Selai Pulpa (Daging) Kakao yang menjadi penelitian dalam tesisnya.
 
Dia menjelaskan bahan yang digunakan yaitu pulpa kakao, air, gula, dan pektin. "Peralatan yang dibutuhkan adalah timbangan, panci stainless, kompor gas, sendok, botol kemasan selai pulpa kakao serta label kemasan," ungkap dia kepada Saibumi.com.
 
Adapun, lanjut dia,  pembuatan selai pulpa kakao dengan menyiapkan gula, pektin dan tentunya juga daging kakao. "Proses pembuatan selai dari pulpa kakao adalah bagian pulpa kakao segar dicampur dengan gula pasir dan pektin, kemudian diaduk hingga merata," tuturnya. 
 
Bila ingin rasa selai seperti rasa jeruk, kata dia, maka dapat ditambahkan perisa asam sitrat atau air jeruk nipis. "Campuran dipanaskan hingga mendidih sambil diaduk-aduk hingga terbentuk massa selai yang kental. Setelah adonan dingin dapat dilakukan pengemasan selai dalam botol," tandasnya. (*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner