Logo Saibumi

12 Kontestan Putra Putri Bersaing Jadi Duta Museum Lampung 2017

12 Kontestan Putra Putri Bersaing Jadi Duta Museum Lampung 2017

Kepala UPTD Museum Ruwa Jurai Lampung Zuraida Kheirustika saat menyampaikan sambutan dalam pemilihan Duta Museum 2017 dan Peringatan Hari Museum Indonesia di Museum Lampung, Kamis malam, 12 Oktober 2017.| Aji Saktiyanto/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Bandar Lampung - Museum Ruwa Jurai Provinsi Lampung menggelar Peringatan Hari Museum Indonesia dan Pemilihan Duta Museum Provinsi Lampung 2017 di areal Museum Kamis malam, 12 Oktober 2017.
 
Kepala UPTD Museum Lampung Zuraida Kheirustika mengatakan Peringatan Hari Museum Indonesia dan pemilihan Duta Museum Provinsi Lampung menjadi momentum bagi seluruh museum di Indonesia untuk mengembangkan dan memanfaatkan museum menjadi tempat belajar dan menambah kebudayaan. "Mengisi dengan berbagai kegiatan dengan melibatkan anak muda. Kegiatan yang dilakukan Cerdas Cermat Kebudayaan dan Permuseuman tingkat Provinsi yang dimenangkan oleh pelajar SMPN 22 Bandar Lampung. Kemudian diikuti dengan kegiatan lomba tingkat nasional bahwa peserta tersebut menjadi juara harapan I tingkat nasional," ungkap dia dalam sambutannya. 
 
Masih kata dia, jumlah yang mengikuti malam final dengan 12 pria dan 12 wanita."Yang akan dilakukan penjurian oleh Museum Nasional, Amida, dan Direktorat Cagar Budaya Kemendikbud. Pemenag akan dipilih juara pertama, kedua, dan ketiga kemudian harapan satu, dua, dan tiga," bebernya.
 
Zuraida berharap dengan adanya Duta Museum dapat meningkatkan kunjungan dan mengenalkan museum. "Diharapkan dengan adanya Duta Museum Provinsi Lampung akan memiliki sahabat museum. Disamping adanya Duta Museum mereka juga akan menjadi corong informasi untuk mempromosikan museum kepada kawula muda dan khalayak umum," tuturnya.
 
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Hery Suliyanto mengatakan setiap tanggal 12 Oktober diperingati Hari Museum Indonesia. "Kita ketahui bersama insan museum seluruh Indonesia pada tanggal 12 Oktober memperingati hari museum Indonesia. Pandangan museum yang saat ini sudah harus ditinggalkan. Museum saat ini menjadi pelayanan publik untuk mendukung program-program mencerdaskan bangsa dan mengukuhkan jati diri bangsa," bebernya.
 
Hery yang mewakili Gubernur Lampung menerangkan museum yang memiliki tugas pokok sebagai penelitian, pembelajaran dan pemahaman cagar budaya yang dimilikinya. "Juga memiliki kearifan lokal budaya dapat menjadi bagian persoalan-persoalan masyarakat. Pada kesempatan ini saya berpesan kepada putra-putri untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dihadapan para dewan juri. Siapapun yang terpilih kalian adalah duta-duta museum yang akan menyampaikan museum kepada publik," tandasnya. (*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner