Logo Saibumi

TKS RSUDAM Lampung Audiensi dengan Pemprov Tuntut Upah Layak dan Minta Diangkat Honorer

TKS RSUDAM Lampung Audiensi dengan Pemprov Tuntut Upah Layak dan Minta Diangkat Honorer

Suasana audiensi TKS RSUDAM Lampung dengan Pemprov, Kamis, 12 Oktober 2017. | Istimewa

Saibumi.com, Bandar Lampung - Sejumlah tenaga kerja sukarela (TKS) Rumah Sakit Umum Daerah dr H Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung menuntut upah layak sesuai standar didaerah dan meminta untuk diangkat menjadi tenaga honorer.

Hal ini disampaikan Sekretaris FSBKU Lampung Sepriadi saat mendampingi TKS melakukan audiensi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dengan pihak Rumah Sakit, Kamis, 12 Oktober 2017.

Sepriadi mengatakan dengan upah yang kecil namun para TKS dalam sistem kerjanya mengikuti aturan kerja pihak PNS secara mendetail, baik dari absensi  finger print dan rotasi shift kerja. Sebab itu mereka menuntut agar diberikan hak-haknya sebagai tenaga kerja yang lebih manusiawi.

"Kami mau status kerja kami diperjelas. Hak-haknya yang diatur jaminan kerja yang tertuang dalam BPJS baik BPJS kesehatan, ketenagakerjaaan dan jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua," ujar Sepriadi.

Dia menjelaskan selama mengabdi hingga belasan tahun di rumah sakit milik pemerintah Provinsi Lampung hanya diberikan upah sekitar 250-300 ribu perbulannya. Upah yang diterima didapat dari belas kasihan uang para PNS dilingkungan Rumah sakit yang dikumpulkan lalu dibagikan ke TKS. Pemberian uang hanya sebatas inisiatif tersebut, tak mampu menutupi kebutuhan sehari-hari.

Menanggapi permasalahan TKS RSUDAM, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesrak Hery Suliyanto mengatakan permasalahan TKS pekerja di RSUDAM Lampung pihaknya meminta kepada pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencari payung hukum dari Menpan tentang pengakatan TKS menjadi tenaga honorer. ”Jikapun nantinya ada akan kita lakukan tes dan seleksi pengangkatan. Apabila TKS dalam tes dan seleksi namanya tidak ada, saya harap bisa diterima dengan lapang dada (legowo)," tuturnya.

Menurutnya hal ini akan diusulkan kepada Komisi V DPRD Lampung anggaran tenaga kerja TKS tahun 2018 untuk RSUDAM dapat ditambah. "Nantinya dengan cara mencari tenaga kerja melalui ujian tes dan seleksi jika tidak lulus diharap jangan kecewa. Dengan syarat itu apabila adanya pengangkatan TKS menjadi tenaga honorer dengan membentuk tim pengangkatan tenaga honorer melalui konsultan," pungkasnya.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Eva Suryani

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner