Logo Saibumi

Wow...TNWK Jadi Sasaran Penambang Pasir Ilegal

Wow...TNWK Jadi Sasaran Penambang Pasir Ilegal

Anggota Polres Lamtim mengamankan lokasi penambangan pasir ilegal di kawasan TNWK Bungur. | Foto Humas Polres Lamtim.

Saibumi.com, Sukadana- Penambang pasir ilegal di wilayah Lampung Timur sudah kelewat batas. Bahkan, Taman Nasional Waykambas Lampung Timur tidak luput dari tindak kejahatan yang dilakukan oleh mereka.

Itu menyusul ditangkapnya delapan orang oleh Unit Tipiter Polres Lamtim karena tidak memiliki izin di RPTN Totoprojo SPTN Wilayah II Bungur dengan titik koordinat 48 M 0561258 UTM 9450223 pada Rabu 11 Oktober 2017 sekira 09.00 WIB. 

Kapolres Lamtim AKBP Yudy Chandra Erlianto menyebutkan para pelakunya merupakan warga Kecamatan Purbolinggo. Di antaranya, SO (58), SL (32), DG (37), SI (58), SH (62), NI (36), dan AP (38), warga Desa Tamanfajar, serta SN (64), warga Tegalyoso.

Dia menjelaskan, para pelaku melakukan penambangan pasir dalam kawasan TNWK dengan cara menyedot menggunakan mesin sedot pasir dan dialirkan melalui paralon 4 inch.

"Kemudian ditampung pada bak penampungan kemudian dijual ke masyarakat dengan harga rata-rata Rp150 ribu per mobil," kata dia kepada Saibumi.com, Kamis 12 Oktober 2017.

Dia menambahkan, barang bukti yang diamankan berupa delapan sekop, tujuh cangkul, pasir sedot tiga kubik, tiga mesin sedot, tiga blower, tiga batang peralon spiral, delapan pelarol ukuran 4 inch, dan satu drum plastik.

"Sekarang tersangkanya dan barang bukti diamankan guna penyelidikan lebih lanjut," jelasnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Nurman Agung

 

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner