Logo Saibumi

Jalinbar Terputus, Ratusan Rumah Warga Terendam Imbas Gerusan Air Hujan

Jalinbar Terputus, Ratusan Rumah Warga Terendam Imbas Gerusan Air Hujan

Lokasi Jalinbar yang terputus | ist

Saibumi.com, Lampung Barat - Terputusnya jalan lintas abarat (Jalinbar) akibat gerusan air hujan pada Rabu 11 Oktober 2017 malam pukul 00.05 Wib, di Pekon Mandiri Sejati Kecamatan Krui Selatan Peaiair Barat, ratusan rumah menjadi korban keganasan air. 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat Sayfullah mengatakan, terputusnya Jalinbar itu akibat tumpahnya air hujan yang tergenang disisi kiri jalan menuju Kota Agung, dan di lokasi tidak ada gorong-gorong pembuangan air saat hujan." Seharusnya dilokasi kerusakan badan jalan itu dibuat gorong-gorong dan jembatan layang sehingga tidak ada keruskan seperti ini, karena debit air sangat tinggi bahkan mencapai dua meteran lebih," kata dia. 

Lanjut Sayfulloh, akibat tergerusnya badan jalan mengakibatkan lebih kurang 200 san rumah warga terkena dan mengalami kerusakan.

"Memang banyak rumah yang terkena gerusan air, lebih kurang 200 rumah. Bahkan yang rusak parah lebih kurang 50 lebih dan sisanya rusak ringan, semalam kami dari Pemkab Pesisir Barat sudah meninjau lokasi dan memberikan bantuan darurat seperti terpal dan lainnya," kata dia. 

Bencana alam ini juga sudah dilaporkan ke BPBD pusat untuk segera ditindak lanjuti." Kami sudah laporan ke pusat terkait bencana ini, kami berharap untuk secepatnya di perbaiki karena jalan ini adalah jantung dari Jalinbar artinya aktifitas warga terkendala apalagi para pengguna jalan yang dari Bandar Lampung dan Bengkulu," ungkap dia. 

Selanjutnya pihak pemkab Pesisir Barat hari ini akan kembali meninjau kerusakan sekaligus melihat keadaan warga yang mang sangat membutuhkan bantuan." Hari ini kami akan kembali ke lapangan sekaligus mendata jumlah kerugian yang di timbulkan bencana," kata dia.(*) 

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner