Logo Saibumi

Bekraf Sambangi Lampung Bina Ratusan UKM Ajari Laporan Keuangan

Bekraf Sambangi Lampung Bina Ratusan UKM Ajari Laporan Keuangan

Suasana Asistensi Pembuatan Laporan Keuangan di Hotel Aston, Kamis, 12 Oktober 2017.| Yunike Purnama Putri/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Bandar Lampung – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali menyambangi Kota Lampung dengan menggelar Kelas Asistensi Pembuatan Laporan Keuangan bagi UKM Kreatif di Aston Lampung City Hotel, Kamis 12 Oktober 2017.
 
Tercatat 100 peserta alumni Manajemen Kelas Keuangan Kreatif Lampung mengikuti acara ini. “Tahun lalu Bekraf memberikan pelatihan manajemen keuangan 100 pelaku UKM Kreatif Lampung. Tahun ini, kami hadir lagi untuk meningkatkan kapasitas pelaku UKM Kreatif Lampung dengan asistensi laporan keuangan dan latihan penggunaan aplikasi akuntansi UKM,” ucap Kasubdit Akses Perbankan Konvensional Bekraf Dedy Adriansyah.
 
Bekraf bertujuan melatih pelaku UKM kreatif Lampung tentang pencatatan keuangan dan membuat laporan dengan aplikasi akuntansi yang baik. Sehingga, pelaku UKM Kreatif mempunyai history record yang baik untuk pengajuan pembiayaan perbankan.
 
Dedy melanjutkan, Kelas Asistensi hari ini, merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya di tahun lalu. "Kami (Bekraf) berharap, pelaku UKM kreatif bisa mengetahui dan melakukan pencatatan keuangan yang baik, memahami pembiyaan perbankan konvensional, dan termotivasi mengembangkan usaha," ujar Dedy. 
 
Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, Satria Alam, hadir mewakili pemerintah Provinsi Lampung. Satria menginformasikan ekonomi kreatif di Lampung. "Pemprov menyambut baik adanya kegiatan Asistensi Pembukuan Keuangan Bekraf, harapannya para UKM Kreatif  Lampung dapat memaksimalkan acara hari ini untuk mengembangkan usahanya dengan semakin mudah akses pencatatan keuangannya," ujar Satria. 
 
Praktisi Keuangan, Hari Soul Putra, mengedukasi perencanaan keuangan bagi pelaku UKM kreatif. Menurutnya, kelemahan  pelaku UKM kreatif antara lain fokus pada omzet dan penjualan, tapi tidak membuat pembukuan keuangan, serta mencampur keuangan usaha dengan keuangan pribadi.
 
Hari menambahkan sudut pandang perbankan tentang bisnis yang layak diberi pembiayaan serta resiko yang harus perbankan ambil saat memberikan pembiayaan tersebut. Maka, history record keuangan ialah salah satu point penting untuk mengakses pembiayaan perbankan. 
 
Pencatatan keuangan pelaku UKM Kreatif dipermudah dengan penggunaan Aplikasi Keuangan Akuntansi UKM. Trainer aplikasi ini, Khusnaini, melatih langsung 100 pelaku UKM kreatif membuat laporan keuangan dengan aplikasi akuntansi. 
 
“Pelaku UKM Kreatif ini terbantu membuat pembukuan keuangan dengan aplikasi yang bisa didownload secara gratis dan tanpa syarat ini. Mereka bisa mencatat keuangan usaha dimana saja secara online maupun offline selama aplikasi ini sudah ada di smartphone mereka,” tambah Hari. 
 
Perwakilan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Lampung juga turut hadir juga untuk sharing permodalan dan pembiayaan perbankan. (*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Yunike Purnama Putri

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner