Logo Saibumi

Kopi Lampung Barat mendapat Juara Tiga Nasional

Kopi Lampung Barat mendapat Juara Tiga Nasional

Kadis Pertanian dan Holtikultura Tri Umaryani saat meninjau hasil panen kopi petani pekon Giham Sukamaju Imam.| Istimewa

Saibumi.com, Lampung Barat- Petani Kopi di Lampung Barat melakukan cara penyambungan atau stek batang kopi guna mengkatkan produktivitas juga kwantitas kopi Lampung Barat.

Stek yang dilakukan para petani membuahkan hasil yang sangat gemilang, seperti satu kebon kopi kebun kopi milik Imam warga Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau menjadi percontohan dan mendapat juara ke-tiga tingkat Nasional kategori kopi unggulan.

“Jadi suatu proses dan perjuangan panjang hingga kopi kita sudah dilirik bahkan mendapat pringkat yang begitu fantastis," kata Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Lambar, Tri Umaryani. 

Selain itu Tri tuja mengatakan, kebun kopi milik Imam juga cara petiknya dilakukan saat buah kopi yang sudah benar-benar memerah. "Kapi dipetik saat sudah memerah dan kelebihannya buah kopi tersebut berbeda dengan buah kopi lainnya karena buahnya besar-besar ini yang menjadi daya tarik, bahkan saat ini harganya juga sangat tinggi," kata dia. 

Selanjutnya, perkebunananya dilirik oleh buyer kopi dengan harga yang cukup pantastis yaitu Rp145 ribu per killogram."Pemerintah daerah merasa cukup bangga atas keberhasilan Imam  Rosadi dalam mengelola lahan hingga menghasilkan kopi produk ungguln dan meraih juara tiga tingkat nasional.” Tentu pemerintah sangat bangga dengan prestasi Imam, apalagi kopi yang di hasilkan di kebun Imam ditawar oleh Buyer Rp145 ribu per killogram. Meski ini baru tawaran dari buyer, tapi ini menunjukan jika petani kopi Lambar memiliki kwalitas yang  baik,” kata Try Umaryani.(*) 

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner