Logo Saibumi

PNS Nyalon Kades Wajib Cuti Besar, Oktober Sosialisasi Aturan Pilkades Lamtim

PNS Nyalon Kades Wajib Cuti Besar, Oktober Sosialisasi Aturan Pilkades Lamtim

Ilustrasi pemlihan kepala desa

Saibumi.com, Sukadana - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Lampung Timur memastikan sosialisasi peraturan daerah dan peraturan bupati terkait pemilihan 112 kepala desa akan dilaksanakan pada Oktober 2017.

Kadis PMD Lamtim Syahrul Syah melalui Kabidnya Tabbari yakin sosialisasi Perda dan Perbup pada bulan depan kepada desa penyelenggara meski saat ini perbup masih disusun Bagian Hukum Setdakab Lamtim. Namun dirinya tidak terlalu banyak berkomentar menyangkut Perda dan Perbup.

"Cuma itu saja sih, kalau yang lainnya belum bisa saya jawab," ujarnya kepada Saibumi.com, Selasa 12 September 2017.

Sementara itu, Kabag Hukum Setdakab Lamtim Sudarli menyatakan Perbup telah dilakukan pembahasan dengan melibatkan semua pihak pada Selasa 5 September 2017.

Dia menambahkan, untuk rancangan jadwal sudah dibuat dipastikan tidak terlambat pelaksanaan Pilkades.

"Perbupnya masih banyak perbaikannya terutama soal teknisnya," kata dia.

Ia juga menjelaskan, bagi PNS yang mengajukan sebagai calon kepala desa diharuskan cuti besar selama tiga bulan sebelum pelaksaannya. 

"Kami juga bahas calon kades yang pernah dihukum penjara. Kalau pun pernah melakukan tindak pidana, selagi tidak terulang dan itu sah-sah saja dan keterangan dari pengadilan dan diumumkan kepada masyarakat," ungkapnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Nurman Agung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner