Logo Saibumi

Disdukcapil Lamtim Turun Langsung Percepat Proses Dokumen Warga

Disdukcapil Lamtim Turun Langsung Percepat Proses Dokumen Warga

Warga kecamatan Sekampung mengantre untuk mengambil surat KK dan EKTP | Foto Istimewa

Saibumi.com, Sukadana - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lampung Timur mempercepat proses pembuatan dokumen masyarakat di setiap kecamatan.

Kadisdukcapil Lamtim Subandri melalui Kabid Pelayanan Administrasi Kependudukan Indra Gandi menyatakan, pihaknya telah turun di dua kecamatan yakni Wawaykarya dan Sekampung.

Dia merincikan, untuk Kecamatan Wawaykarya terdapat perekaman baru secara langsung 300 orang; EKTP 100 blangko tercetak di tempat dan 200 dalam proses. Untuk pengajuan Kartu Keluarga (KK) 200 orang, tercetak di tempat 100 lembar, dan sisanya 100 lembar dalam proses. Pengajuan akte kelahiran 120 lembar masih dalam proses. Serta 75 lembar surat keterangan EKTP sementara sudah tercetak secara langsung.

Sementara di Kecamatan Sekampung terdapat rekaman EKTP baru 500 orang, pengajuan pencetakan EKTP 250 blangko dalam proses, KK 100 lembar tercetak di tempat, dan pengajuan pencetakan KK 220 lembar dalam proses, pengajuan pencetakan akte kelahiran 150 lembar, serta 30 lembar surat keterangan EKTP sementara sudah dicetak langsung.

"Jadi mana dokumen yang masih dalam proses sedang dilakukan pencetakan. Kalau sudah selesai akan kami serahkan ke kecamatan tersebut," kata Indra Gandi kepada Saibumi.com, Selasa 12 September 2017.

Menurutnya, program ini sangat membantu karena selama ini pembuatan dokumen di kantor Disdukcapil Lamtim. Namun dengan adanya program ini warga cukup datang ke kecamatan untuk mengambil dokumennya.

Ini merupakan program unggulan bupati dan wakil bupati dalam rangka pelayanan publik yaitu dokumen kependudukan. Sehingga masyarakat sangat terbantu mengingat jauhnya rentan kendali ke pusat pemerintatan yang semua di Disdukcapil, maka dengan program ini tidak menyurutkan pelayanan publik khususnya pembuatan dokumen kependudukan.

"Sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil buoati pada saat mencalonkan diri yaitu meningkatkan pelayanan publik," ujar Indra Gandi.

Untuk diketahui, Disdukcapil Lamtim sebelumnya telah turun ke dua kecamatan, yakni Bumiagung dan Sukadana. Untuk Kecamatan Bumiagung diperoleh 205 warga  merekam EKTP secara langsung, KK 131 lembar, akte kelahiran 61 lembar, surat keterangan pengganti EKTP 20 lembar, serta cetak dan perubahan EKTP 266 orang.

Sementara di Kecamatan Sukadana diperoleh 70 orang perekaman EKTP, KK 15 lembar, akte kelahiran 15 lembar, surat keterangan pengganti EKTP lima lembar, serta percetakan 15 EKTP.
"Yang perlu dingat adalah pembuatan ini tidak dipungut biaya alias gratis," ungkapnya.(*)

Laporan wartawan Saibumi.com Nurman Agung

 

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner