Logo Saibumi

Mukhlis Basri: Danau Asam di Suoh Potensial Tingkatkan PAD

Mukhlis Basri: Danau Asam di Suoh Potensial Tingkatkan PAD

Bupati Lambar Mukhlis Basri dan Camat BNS Haiza Rinsa saat mencoba berkeliling di danau Asam.| Edi Saputra/Saibumi.com

Saibumi.com, Lampung Barat – Bupati Lampung Barat (Lambar)  Mukhlis Basri, sidak sejumlah titik potensi wisata yang ada di Kecamatan Bandar Negeri Suoh dan Suoh, diantaranya Danau Lebar, Danau Belibis dan Danau Asam yang diyakini berpotensi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika dikelola dengan maksimal. 

Kepada sejumlah awak media, Mukhlis mengatakan mengingat potensi pariwisata yang ada di Kecamatan Suoh tersebut masuk dalam wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), maka kerjasama antara pemkab Lambar dengan TNBBS harus dibangun dengan baik, untuk bersama-sama mengelola potensi tersebut. 

”Potensi wisata di daerah ini juga luar biasa,  seperti Danau Asam, Danau Lebar, Danau Belibis, ini yang akan kita jual  dengan bekerjasama dengan pihak TNBBS karena ini berada di wilayah lokasi TNBBS. Dan untuk lokasi tersebut sudah masuk dalam zona pemanfaatan yang tentunya bisa dikelola  untuk kepentingan pariwisata,” ungkap dia. 

Selain   pemkab menjalin kerjasama dengan pihak TNBBS,  juga merangkul pihak pekon yang ada di sekitar lokasi potensi wisata alam tersebut, terlebih sejak adannya dana desa, pekon sudah memilik  Badan Usaha Milik Desa (Bum-Des) yang  juga diharapkan turut fokus mengelola potensi  tersebut. 

”Artinya kedepan selain bisa dimanfaatklan oleh masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, potensi wisata yang ada ini tentu bisa menjadi salah satu sumber PAD di sektor pariwisata. Karena itu pemkab akan terus berupaya melakukan pembenahan,” kata Mukhlis. 

Sementara itu, Kepala Badean Perencanaan Dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lambar  Okmal menambahkan, salah kerja nyata Pemkab Lambar dalam rangka pembangunan sektor pariwisata di dua kecamatan tersebut, yakni  masalah infrastruktur dimana sejak beberapa tahun terakhir, pemkab fokus melakukan pembangunan, dan  hampir seluruh jalan lingkar yang menjadi tanggungjawab pemkab Lambar di wilayah itu sudah dibangun. 

"Kemudian untuk ruas jalan menuju tiga  danau dimaksud yang saat ini masih berupa tanah,  akan dilakukan peningkatan di tahun 2 anggaran 2018 mendatang. Total panjang jalan yang akan dibangun yakni sekitar 3 Kilometer, dan diharapkan menuntaskan titik-titik yang masih sulit dilintasi khususnya saat musim penghujan,” kata dia.(*) 

Laporan wartawan Saibumi.com Edi Saputra 


 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner