Logo Saibumi

Daftar Paspor Bisa Lewat Whatsapp

Daftar Paspor Bisa Lewat Whatsapp

Ist

Saibumi.com, Bogor – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM membuat inovasi baru dalam layanan antrian paspor. Mulai kemarin, Senin, 7 Agustus 2017  bisa mendaftar lewat  Whatsapp.

Sementara ini, layanan via whatsaap baru dilakukan di 26 kantor imigrasi di wilayah Indonesia yang memiliki pemohon paspor 150 per hari, di antaranya Jabodetabek, Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

"Mulai hari ini (Senin), pemohon dapat mendaftarkan diri melalui WhatsApp," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bogor Herman Lukman di Kantor Imigrasi Bogor, Senin, 7 Agustus 2017. 

Ia mengatakan sebagian warga Indonesia kini memiliki telepon seluler yang dilengkapi aplikasi seperti whatsapp. Dengan layanan antrian paspor via whatsapp ini, masyarakat yang ingin membuat paspor baru atau perpanjang paspor dapat mendaftarkan diri dengan cara mengirim pesan ke nomor whatsapp Imigrasi Bogor yakni 08 1111 00 333.

Tata cara pendaftaran dengan mengirikan data diri mengetik #NAMA#TGLLahir#TglKedatangan.  "Contoh #Budi#25011987#07082017 lalu kirim ke 08 1111 00 333," terang Herman. 

Setelah mendaftarkan diri, akan ada balasan dari Imigrasi berupa nomor barcode berupa kode booking. Nomor ini direplay untuk selanjutnya pemohon mendapatkan nomor antrean, sekaligus jadwal untuk datang ke kantor Imigrasi.

"Dengan layanan ini, ada kepastian waktu dan kepastian terlayani bagi masyarakat. Tidak perlu menunggu lama-lama, cukup daftar dari rumah, datang sesuai jadwal yang dikirimkan," kata Herman kepada Antara. 

Herman menyebut mekanisme ini mencegah calo atau joki karena pendaftar wajib menggunakan nomor pribadi.  Kode booking yang diperoleh saat mendaftar harus diperlihatkan saat datang ke Kantor Imigrasi. 

Pemohon wajib datang 30 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan. Bila pemohon datang terlambat pada jadwal yang telah ditentukan kode booking akan hangus. 

"Jika nomor kode booking hangus, silakan mendaftar ulang kembali," katanya seraya menyatakan pemohon wajib membawa dokumen asli dan memastikan semua data diri pada dokumen identik dan sama. 

"Untuk paspor rusak atau hilang tidak dapat diajukan via whatsapp," kata Herman. 

Hari pertama uji coba layanan antrean paspor via WA di Kantor Imigrasi berbeda dari biasanya, tidak tampak antrian pemohon yang membludak. "Ada kepastian waktu, berbeda dengan sebelum diberlakukan aplikasi ini. Kita harus menunggu lama, untuk mengurus paspor," kata Abdul Kadir pemohon dari Bogor. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Our Partner

PARTNER KAMI

suara.com
Klasemen Sementara Medali SEA Games, Indonesia Posisi Keempat

Mendapat tambahan dua perak dan satu perunggu.

Pembukaan SEA Games XXIX Malaysia

Berlangsung pada 19-30 Agustus 2017.

Hadapi MU, Persija Belajar dari Klub Ini

"Kami tidak boleh kalah lawan mereka," kata Teco.

Berharga Rp800 Juta, Ternyata Ini Keistimewaan All-New Prius

All-New Prius secara diam-diam ternyata sudah dijual di Indonesia tanpa peluncuran, dengan harga Rp800 juta-an.

Sample Fixed Banner