Logo Saibumi

Paguyuban Jamban Sewu Bantu Warga Kurang Mampu Miliki Kloset di Pringsewu

Paguyuban Jamban Sewu Bantu Warga Kurang Mampu Miliki Kloset di Pringsewu

Kloset yang diberikan secara gratis oleh Paguyuban Jamban Sewu di Kediaman Kadis. | Aji Saktiyanto/ Saibumi.com.

Saibumi.com, Pagelaran - Paguyuban Penggiat Sanitasi dan Pengusaha Jamban Sewu berkontribusi dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kecamatan Pagelaran.
 
Ketua Paguyuban Penggiat dan Pengusaha Suparlan mengatakan dalam program Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) terdapat prioritas pemberian jamban atau kloset. "Kita prioritaskan kepada yang tidak mampu. Karena yang mampu juga terdapat program kredit kloset dari paguyuban," ungkap dia kepada Saibumi.com.
 
Masih kata dia, Paguyubannya juga terdapat beberapa titik di Kecamatan Pagelaran yang membuat kloset. "Ada titik-titik di Kecamatan Pagelaran yang jual kloset. Itu juga hasil buatan warga," ujarnya
 
Sementara ketika mengecek ke lokasi di Pekon Candiretno, Dusun II RT II, RW II, Pagelaran, Pringsewu terdapat salah satu warga difabel Kadis yang menerima kloset gratis karena prioritas dari Paguyuban. "Sama plastik dibuang, dulu kalau BAB," ucap Kadis.
 
Pria yang puluhan tahun tinggal sendiri ini mengatakan kini tidak sulit kalau BAB karena sudah ada kloset. "Iya sekarang sudah menggunakan WC tinggal duduk. Jadi gak buang ke kali lagi," imbuh Kadis yang bekerja sebagai pembuat layangan ini.
 
Pengecekan lokasi dilanjutkan dengan melihat jamban cemplung di Jalan Veteran Dusun II Pekon Bumi Ayu, Pringsewu masih terdapat 161 Kepala Keluarga (KK) yang BABS. 
 
Kepala Urusan Kesejahteraan Rakyat Pekon Bumi Ayu Herman mengaku di pekonnya memang masih terdapat warga yang BAB sembarangan. "Ada yang BABnya WC cemplung ke kolam atau ke kali. Ada kloset tapi ke kali," ucapnya.
 
Dia menjelaskan Pekon Bumi Ayu terdapat dua Dusun. "Totalnya 534 KK dengan 166 yang masih BAB sembarangan," ujarnya.
 
Menurutnya, kebiasaan dari orang tua dahulu yang membuat sulit Pekon untuk menyadarkan. "Susah sih karena dari dulu kebiasaannya," tutupnya. (*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Our Partner

PARTNER KAMI

suara.com
Menyelam di Pulau Komodo, Turis Singapura Hilang

Rinta Paul Mukkam hilang ketika melakukan diving di perairan Gillilawa Laut, di perairan Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (13/7) pukul 11.40 wita. K

Selain Perlancar ASI, Torbangun Juga Bisa Atasi Diabetes

Khasiat torbangun yang dapat mengatasi diabetes sudah dibuktikan secara ilmiah.

ITB Tanggung Biaya Korban Reruntuhan Batu Tempel

Semoga para mahasiswa yang mengalami kecelakaan dalam peristiwa ini segera pulih seperti sediakala.

Official dan Pemain Persija Sempat Kena Pukul Bobotoh

Insiden itu terjadi usai laga Persib melawan Persija

Sample Fixed Banner