Logo Saibumi

Susi Susanti Berharap Daihatsu Astec Open Lahirkan Pebulutangkis Nasional

Susi Susanti Berharap Daihatsu Astec Open Lahirkan Pebulutangkis Nasional

Susi Susanti dan Jajaran ADM| Aji Saktiyanto Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Alan Susi Technology (Astec) bercita-cita dapat melakukan pendampingan atlet hingga menjadi juara.

Hal ini disampaikan Susi Susanti dalam konfrensi pers Daihatsu Astec Open 2017 di Daihatsu Ahmad Yani Jumat, 21 April 2017.

"Kita dengan Astec dapat memberikan pendampingan kepada atlet untuk menjadi seorang juara. Sudah 13 tahun Astec Open ini digelar. Kita pertama kali mengadakan tahun 2004. Dua tahun ini kita mendapatkan kerjasama dengan Daihatsu," bebernya.

Daihatsu mempunyai visi bersama dengan Astec, sambungnya. "Mungkin tahun sebelumnya kita hanya mengadakan sekali di Jakarta. Ini kita adakan hingga 7 kota. Kalau kita bergandengan tangan kita akan menghasilkan atlet-atlet," tuturnya. 

Peraih emas bulutangkis Olimpiade 1992 ini menjelaskan setiap peserta yang ikut serta dalam Astec Open akan dihitung poinnya. "Poinnya akan dikumpulkan untuk atletnya. Ini yang kedua setelah sebelumnya di Pekanbaru," ujarnya.

Selaku Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI, Susi berharap dari turnamen ini dapat memunculkan atlet-atlet. "Saya sebagai pemandu bakat dan pembinaan diharapkan bisa memunculkan atlet-atlet. Dari Astec Open ini sudah ada yang jadi pebulutangkis nasional seperti Belaetrix dan Kevin," urainya. 

Susi pun mengakui kurangnya pemerataan pebulutangkis nasional untuk pembinaan dan akan dilakukan sosialisasi. "Sosialisasi yang dilakukan PB PBSI juga dilakukan tidak hanya coaching clinic terhadap atlet tapi juga terhadap pelatih. Ini yang dilakukan di Pulau Jawa dan akan dilakukan di luar (Pulau Jawa) juga kedepannya. Sebenarnya pebulutangkis nasional dari luar Pulau Jawa seperti Butet. Ini yang diambil dan dilatih di klub di Pulau Jawa," bebernya.

Masih kata dia, untuk pemilihan Kota (Lampung) juga berdasarkan potensi daerahnya. "Kita juga berkoordinasi dengan Daihatsu untuk pemilihannya," imbuhnya.

Kepala Bidang Pengembangan Daerah PB PBSI Edi Prayitno mengatakan ini menjadi kalender event nasional tahunan. "Ini rangking kedua dalam turnamen, milo keempat. Total ada 24 kejuaraan resmi dalam satu tahun. Spesial Daihatsu ini ada veterannya. Kalau yang lain tidak seperti Daihatsu," ujarnya.

Dia pun berharap terdapat Kejuaraan-kejuaraan di daerah. "Peningkatan sarana dan pelatihnya juga akan dibekali oleh pelatihan nantinya," tuturnya. 

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan event ini baru dapat berjalan pada bulan April. "Dari Januari sampai Desember ini juga baru bisa kita mulai sekarang," ucapnya.

Amelia Tjandra menjelaskan bahwa gelaran Daihatsu Astec Open hanya dilakukan di 7 kota. "Kalau bertambah juga terkait dana. Tapi kalau dana ditambah juga nanti dari panitianya yang akan kesulitan," ujarnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Aji Saktiyanto

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner