Logo Saibumi

Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut di Pesawaran Naik

Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut di Pesawaran Naik

Halili saat melayani pembeli ikan di pasar Gedongtataan | Bambang T/ Saibumi.com

Saibumi.com, Gedongtataan - Harga ikan laut di pasar Gedongtataan naik sekitar 40 persen. Cuaca buruk seminggu terakhir membuat pasokan ikan dari nelayan berkurang. 
 
Hal ini dikatakan pedagang ikan laut pasar Gedongtataan Halili, Rabu, 11 Januari 2017.
 
"Mau enggak mau ya harganya naik, karena keterbatasan ikan, dan ada juga beberapa jenis ikan yang kosong," kata dia. 
 
Lili mengatakan, sejumlah ikan seperti layang, kursi tidak ada pasokan, sehingga jika pun ada harganya pasti tinggi. "Ikan itu kan banyak dicari, jadi karena pasukannya enggak ada. Harganya naik jadi Rp25 - Rp30 ribu per kilogram (kg), padahal biasanya hanya Rp18 - Rp20 ribu per kg," kata dia.
 
Menyikapi hal itu, pedagang ikan pun hanya mengandalkan pasokan ikan dari luar Lampung. "Ikan jenis tongkol, Simba dan lainnya kan kita beli dari pasukan luar. Kalau lokal mungkin hanya Selar dan Teri," kata dia.
 
Namun begitu, kata Lili, harga jual ikan itu tidak juga bergantung pada kelangkaan pasokan, namun juga harus melihat kualitas ikan itu sendiri. "Kita juga gak bisa paksaan jual mahal, karena jika kualitas ikan itu menurun, rugi juga pasti kita jual, daripada enggak bisa dikonsumsi lagi. Ya kita berharap cuaca kembali normal agar pasokan ikan melimpah dan harganya stabil," kata dia. (*) 
 
Laporan wartawan Saibumi.com.Bambang  T

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner