Logo Saibumi

Polhut Tangkap 9 Pembalak Liar Kayu Nibung dari Taman Nasional Way Kambas

Polhut Tangkap 9 Pembalak Liar Kayu Nibung dari Taman Nasional Way Kambas

Sembilan pembalak liar TNWK saat diamankan di Polres Lampung Timur, Selasa 10 Januari 2017. | Istimewa

Saibumi.com, Sukadana - Sembilan pembalak liar kayu nibung di Taman Nasional Way Kambas dibekuk anggota Polres Lampung Timur dan Polisi Kehutanan.

Sembilan orang merupakan warga Desa Sukorahayu, Kecamatan Labuhanmaringgai. Di antaranya Ijal, Udin, Hendrian, Alimidin, Ambo Uleng, Ambo Ase, Ambo Ungah, dan Budiman. Mereka diringkus pada Senin 9 Januari 2017 malam.

Kasatreskrim AKP Devi Sujana mengatakan, pada malam itu rombongan polhut melakukan patroli di wilayah SPTN III Kualapenet. Setiba di Legon Kalong Resort Sekapuk Seksi Wilayah III Kualapenet, rombongan patroli melihat sembilan orang sedang menurunkan kayu hasil tebangan ke air untuk diangkut.

Polhut pun, kata dia, menangkap kesembilan orang itu berikut barang buktinya. Antara lain, dua bilah parang, tiga bilah kapak, empat bilah golok, dua gulung tali warna kuning dan biru, dua galon air minum, satu batu asahan, sepotong kayu nibung ukuran 60 cm, 18 batang kayu nibung ukuran 14 meter, satu unit perahu, satu panci, dan tujuh piring plastik.

"Saat ini pelaku masih diperiksa untuk dikembangkan lebih lanjut," kata dia kepada Saibumi.com, Selasa 10 Januari 2017.

Sementara itu, Ambo Ungah seorang pembalak liar mengaku bersama delapan rekannya disuruh oleh seorang warga Wayjepara untuk menebang pohong nibung dengan upah Rp100 ribu per batang.

"Kami mengambil kayu nibung di hutan Waykambas baru kemarin dan kayu nibung yang sudah terkumpul baru ada sekitar 18 batang. Kayu nibung yang 18 batang itu kami kumpulkan selama satu hari di hutan," ungkapnya. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Nurman Agung

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner