Logo Saibumi

Cara Atasi Bau Badan yang Tak Sedap

Cara Atasi Bau Badan yang Tak Sedap

Ilustrasi bau badan | ist

Saibumi.com- Bau badan memang sangat menggang dan membuat kita tidak percaya diri. Sumber darai bau badan biasanya muncul di bagian tubuh yang mudah berkeringat dan tertutup, seperti ketiak dan selangkangan. Jika bau badan muncul di semua area badan hal tersebut disebabkan oleh percampuran bakteri serta kebersihan diri yang kurang. Untuk mengatasi bau badan.

Untuk mengatasi bau badan Anda dapat menggunakan cara-cara yang alami karena lebih murah dan tanpa menimbulkan efek samping. Berikut cara menghilangkan  secara alami dan efektif seperti di lansir dedaunan.

1. Mandi minimal 2 kali dalam sehari

Mandi sangat penting untuk bersihkan kotoran dan keringat yang menempel di badan. Sebab kotoran dan keringat di badan jika tak dibersihkan tentunya bisa menjadi penyebab timbulnya bau badan tak sedap. Lakukan mandi secara rutin 2 kali dalam sehari.

2.Daun sirih

Daun sirih memiliki kandungan zat anti bakteri dan antiseptik alami yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk menngatasi masalah bau badan. Cara mengatasi bau badan dengan daun sirih. Siapkan beberapa lembar daun sirih, tumbuk hingga halus dan balurkan ke seluruh badan. Diamkan selama sekitar 10 menit lalu bilas dengan mandi air hangat.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa mengunakanya dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih dalam 2 gelas air dan minumlah secara rutin.

3.Daun kemangi

Daun kemangi  biasa digunakan untuk lalapan, ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi bau badan. Aromanya yang harum serta kandungan mineral dan anti bakterialnya dapat menghilangkan bau mulut sekaligus bau badan yang tidak sedap. Cara mengatasi bau badan dengan daun kemangi sangat mudah, Anda dapat secara rutin mengkonsumsi secara langsung daun kemangi yang telah dibersihkan, atau dapat juga memakannya sebagai lalapan.

4.Cengkeh

Cara mengatasi bau badan yang berikutnya yaitu dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh merupakan salah satu jenis tanaman herbal tradisional yang dapat berkhasiat sebagai anti inflamasi atau mencegah peradangan. Caranya yaitu siapkan satu genggam cengkeh, masukkan ke dalam 2 gelas air, lalu direbus. Gunakanlah air rebusan cengkeh tersebut untuk diminum secara rutin 3 kali dalam seminggu, atau dapat pula membuatnya dalam jumlah lebih banyak untuk digunakan membasuh tubuh Anda secara langsung untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

5.Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan vitamin C ini juga dapat digunakan untuk mengatasi bau badan. Selain jeruk nipis, Anda juga dapat menggunakan buah lemon dengan khasiat yang sama. Cara mengatasi bau badan dengan jeruk nipis yaitu siapkan 2 buah jeruk nipis. Masing-masih dibelah menjadi dua bagian lalu diperas untuk diambil airnya. Tampung air perasan jeruk nipis dalam suatu wadah dan campurkan kapur sirih secukupnya sehingga membentuk seperti krim. Oleskan ramuan tersebut pada badan terutama di ketiak atau di tempat lain yang sering mengeluarkan bau tidak sedap. Biarkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bilas dengan air bersih sekalian mandi.

6.Jahe

Jahe merupakan tanaman rempah-rempah yang juga banyak dimanfaatkan untuk kesehatan, salah satunya dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Cara mengatasi bau badan menggunakan jahe sangat mudah. Buatlah jahe sebagai minuman/wedang dan konsumsi secara rutin 1 kali sehari terutama pada malam hari sebelum tidur.

7. Ketimun

Ketimun sering dikenal sebagai buah untuk menurunkan tekanan darah serta sering digunakan untuk perawatan kecantikan. Selain manfaat tersebut, ternyata ketimun juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Cara mengatasi bau badan menggunakan ketimun yaitu potong ketimun menjadi beberapa bagian lalu oleskan potongan-potongan tersebut pada badan terutama di ketiak. Biarkan selama beberapa saat setelah itu bilas dengan air bersih.

8. Daun jambu biji

Selain untuk mengobati gangguan pencernaan, daun jambu biji juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bau badan. Cara mengatasi bau badan dengan jambu biji yaitu siapkan sekitar satu genggam daun jambu biji yang masih segar lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu oleskan tumbukan daun jambu biji tersebut di badan Anda. Tunggu beberapa saat supaya meresap lalu bilas dengan air bersih.

Selain cara diatas, Anda juga harus menghindari atau meminimalkan hal-hal yang dapat memicu timbulnya bau badan. Jenis makanan yang dapat memicu timbulnya bau badan antara lain yaitu daging merah, bawang merah, bawang putih, cabe, terasi, bumbu kari, kopi, dan makanan cepat saji/ junk food. Selain itu hindari juga kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Nah itulah beberapa tips untuk mengatasi bau badan. Semoga bisa bermanfaat.(*)

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Our Partner

PARTNER KAMI

suara.com
Perancang Atap 'Terbang' Markas Apple, Bikin Kubah Geser Terbesar

Perancang kantor pusat Apple memiliki proyek baru membuat kubah geser terbesar.

Nissan Leaf Terbaru Bisa Dikendarai Hanya dengan Satu Pedal

Nissan Leaf generasi terbaru hanya punya satu pedal untuk gas dan rem.

Kelakar Jokowi Soal Tangga Keramat di Kampus UGM

Jokowi menghadiri Kongres ke-9 Pancasila di kampus UGM, Yogyakarta.

Ogah Naik Helikopter, Aksi "Ngambek" Putri Charlotte Bikin Gemas

Pangeran George dan Putri Charlotte ikut dalam tur kerajaan pada minggu ini.

Sample Fixed Banner