Logo Saibumi

Usai Santap Sate, Puluhan Warga di Way Kanan Mual dan Muntah

Usai Santap Sate, Puluhan Warga di Way Kanan Mual dan Muntah

Salah satu korban keracunan yang sedang dalam penanganan medis | Istimewa

Sabumi.com, Way Kanan - Puluhan warga Pasar Kampung Jaya Sakti Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, mengalami keracunan makanan pada Kamis malam 5 Januari 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, dr Farida Aryani mengatakan Kamis malam jumlah korban keracunan ada sekitar 22 orang. Hingga saat ini mereka masih dirawat inap di Puskesmas Kecamatan Kasui. "Keracunan mulai dari kalangan dewasa dan anak-anak itu diduga dipicu makan sate dari salah satu pedagang sate di Pasar Kampung Jaya Tinggi Kecamatan Kasui. Akibat kejadian ini tidak ada korban jiwa, namun semua korban terpaksa dibawa ke Puskesmas Kasui untuk pertolongan medis," terangnya.

Farida melanjutkan, hasil pemeriksaan sementara, korban mengalami pusing, mual dan muntah. "Mereka semua terpaksa kita inapkan di Puskesmas ini untuk pertolongan medis. Langkah awal yang telah dilakukan dengan cara mengambil sampel atau contoh dari makanan itu untuk dilakukan uji laboraterium Hasil sementara memang makanan yang dimakan korban keracunan itu memang mengandung bakteri," tuturnya.
 
Pihaknya akan melakukan sosialisasi dan promosi terkait bahaya makanan kepada masyarakat. "Tujuannya agar masyarakat yang menjual bahan makanan tidak sembarangan dan tidak bakal terjadi lagi keracunan seperti di Kampung Jaya Tinggi," bebernya.  
 
Terpisah salah satu korban, Endang (32) warga Kasui mengatakan, membeli sate di Pasar Kampung Jaya Tinggi Kecamatan Kasui, pada hari Kamis tanggal 05 Januari 2017 sekitar Pukul 10.30 WIB. "Namun sekitar 15 menit setelah makan sate tersebut saya mengalami mual, muntah-muntah dan sakit kepala," terangnya.(*)
 
Laporan wartawan Saibumi.com Sandi Indra

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner