Logo Saibumi

Penyusunan APBD 2017 Kota Metro Mengacu Permendagri 31/2016

Penyusunan APBD 2017 Kota Metro Mengacu Permendagri 31/2016

Kepala Bappeda Kota Metro Arif Joko Arwoko, di ruang kerjanya. | Romzi Hermansyah/Saibumi.com

Saibumi.com, Metro - Penyusunan APBD 2017 berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 31 tahun 2016. Tim Penyusunan Kajian Anggaran (TPKA) baru selesai mengirim berkas Plafon Penyusunan Anggaran Sementara (PPAS) ke DPRD pada 11 November 2016 lalu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Metro Arif Joko Arwoko, mewakili Tim Penyusunan Kajian Anggaran (TPKA) mengatakan soal penyusunan anggaran pendapatan 2017 mendatang mengacu pada Permendagri 31 tahun 2016. “Tentunya juga melihat acuan dari anggaran pendapatan tahun 2016,” kata dia, di ruang kerjanya, Selasa, 15 November 2016.

Menurut Arif, secara detil anggaran itu ada pada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) masing-masing. "Apa yang tercantum dalam KUA-PPAS dalam plafon anggaran masih bersifat sementara," kata dia.

Arif melanjutkan, perlu diketahui penyusunan anggaran itu sebagaimana dalan Permendagri pedoman APBD sebelumnya mengatur beberapa pokok. Meliputi sinkronisasi kebijakan pemerintah daerah dengan kebijakan pemerintah pusat.

Selain itu, prinsip penyusunan APBD, kebijakan penyusunan APBD, teknis penyusunan APBD, dan hal-hal khusus lainnya.

Artinya, secara menyeluruh harus singkron dengan kebijakan pemerintahan. Serta, sesuai dengan tujuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Yaitu, dalam rangka meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat secara berkelanjutan.

"Agar penyusunan Rencana Kerja Pemerintah 2017, dapat dilaksanakan dengan pendekatan holistiktematik, integratif, dan spasial. Serta,  kebijakan anggaran belanja berdasarkan money follows program (uang mengikuti program),” kata dia.

Arif menambahkan, Permendagri soal penyusunan APBD 2017 tetap menganut prinsif sesuai dengan kebutuhan penyelengaraan urusan pemerintah.  "Jadi, semuanya harus tepat dan memang harus sesuai ketentuan," kata dia. 9*) 

Laporan wartawan Saibumi.com Romzi Hermansyah

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Our Partner

PARTNER KAMI

suara.com
Nissan Leaf Terbaru Bisa Dikendarai Hanya dengan Satu Pedal

Nissan Leaf generasi terbaru hanya punya satu pedal untuk gas dan rem.

Kelakar Jokowi Soal Tangga Keramat di Kampus UGM

Jokowi menghadiri Kongres ke-9 Pancasila di kampus UGM, Yogyakarta.

Ogah Naik Helikopter, Aksi "Ngambek" Putri Charlotte Bikin Gemas

Pangeran George dan Putri Charlotte ikut dalam tur kerajaan pada minggu ini.

Mereka Menikmati 'Surga' Bawah Laut dengan Menahan Napas

Anda yang berpengalaman menyelam bisa bergabung di Apnea Culture Club.

Sample Fixed Banner