Logo Saibumi

DPRD Kota Metro Sahkan 6 Raperda

DPRD Kota Metro Sahkan 6 Raperda

Rapat paripurna dan penetapan enam raperda, di ruang sidang DPRD Kota Metro, Kamis, 20 Oktober 2016. | Romzi Hermansyah/Saibumi.com.

Saibumi.com, Metro – DPRD Kota Metro mengesahkan enam rancangan peraturan daerah (raperda) usulan eksekutif, dalam paripurna yang digelar Kamis, 20 Oktober 2016.

Ketua Pansus DPRD Kota Metro, Nasriyanto Effendi mengatakan sesuai pembahasan satu diantara enam raperda itu adalah Raperda Struktur Organisasi Kepemerintahan. Raperda itu tidak ada perubahan.

Hal itu sesuai SK Pimpinan DPRD Nomor: 177/12.a/DPRD/2016. “Setelah disahkan, langsung akan diajukan ke Gubernur Lampung untuk dievaluasi,” kata dia.

Dia juga menjelaskan dalam struktur organisasi pemerintahan di Kota Metro, semua ada 19 dinas dan 4 badan. Setelah dilakukan pembahasan menjadi 16 dinas dan 6 badan. “Satu di antaranya berdiri sebagai fungsional.”

Masing-masing dinas dan badan itu juga miliki tipe atau golongan sesuai wilayah atau kota. Yaitu, Sekretariat Daerah Kota Metro merupakan tipe B, Sekretariat DPRD tipe C, Inspektorat tipe B, Satpol PP tipe A.

Untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tipe A, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata tipe B, Dinas  Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan tipe A.

Kemudian, Dinas Kesehatan tipe B. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang tipe B, Dinas Koperasi UKM dan Industri tipe B, Disdukcapil tipe B. Dinas pengendalian penduduk- KB dan PPA tipe B, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah tipe B, dan Dinas Lingkungan Hidup tipe B.

Selain itu, Dinas Perdagangan tipe C, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu tipe B. Selanjutnya, Dinas Komunikasi dan Informatika tipe C, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Pemberdayaan Masyarakat tipe B. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman tipe C, Dinas Perhubungan tipe C.

Untuk Badan Daerah di antaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tipe A, Badan Kepegawaian tipe B, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset tipe B, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah tipe B. Badan Kesbangpol tipe A, Badan Penanggulangan Bencana tipe B dan RS A Yani UPT naungan Diskes. (*)

Laporan Wartawan Saibumi.com Romzi Hermansyah.

 

 

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner