Logo Saibumi

Kios dan PKL Tidak Berizin di Kota Metro akan Ditertibkan

Kios dan PKL Tidak Berizin di Kota Metro akan Ditertibkan

Bangunan kios di sekitar shoping centre dan Pasar Cendrawasih yang dianggap liar, Selasa 4 Oktober 2016. | Romzi Hermansyah/Saibumi.com.

Saibumo.com, Metro – Semua bangunan dan pedagang kaki lima di semua pasar di Kota Metro yang tidak memiliki izin akan ditertibkan. Hal itu sesuai Surat Teguran No: 300/426/D.11.05/2016, dikeluarkan Dinas Pasar Metro.

“Tujuannya, mengembalikan fungsi fasilitas umum yang ada di sekitar pasar, baik itu lahan parkir atau pun trotoal yang dipakai PKL dan pedagang lainnya,” kata Plt. Dinas Pasar Kota Metro Khaidarmansyah, Selasa 4 Oktober 2016.

Dia juga mengatakan akan membongkar dan menertibkan kawasan bangunan kios di sekitar Pasar Cendrawasih yang terkesan kumuh.

"Merata akan dilakukan penertiban, tidak hanya pedagang yang ada di sekitar toko. Tetapi, juga mengarah pada kios di atas trotoar," katanya.

Sementara, San (35), seorang pedagang mengatakan pembongkaran kios atau penataan itu diintruksikan kepada pedagang lain di sekitar shoping centre. Kalau seluruh akan ditertibkan termasuk kios atau lapak antara shoping dan Pasar Cendrawasih kenapa tidak dari dulu.

Menurut dia, penempatan pedagang di lokasi itu, sejak adanya pembangunan Pasar Cendrawasih, ditambah adanya pembangunan Metro Mega Mal, sehingga pedagang kecil berada di sekitar gedung dan trotoar.

"Tidak semudah yang dikatakan pemerintah. Kalau atas dasar pengawasan rutin, seharusnya melihat dan tata pedagang toko yang melebihi batas atas lapaknya. Tujuannya, agar akses jalan lancar," kata dia. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Romzi Hermansyah

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Our Partner

PARTNER KAMI

suara.com
Ditemukan Situs Berbentuk Batu di Cianjur

Bebatuan berupa situs tersebut terletak di atas bukit dan tertutup ilalang.

Kabut Asap di Meulaboh Kian Pekat

Kabut asap sangat parah sejak Minggu pukul 20.30 WIB, dan lebih menyesakkan pernafasan dibandingkan dua hari sebelumnya.

DK PBB Gelar Pertemuan Bahas Kekerasan di Jerusalem

"Swedia, Mesir dan Prancis meminta pertemuan tersebut untuk "segera membahas bagaimana seruan untuk de-eskalasi di Jerusalem dapat didukung."

Lion Air Batam-Bandung Alami Gangguan Mesin

"Sewaktu ingin lepas landas, dan saat kekuatan untuk terbang. Tiba-tiba ada bagian mesin pesawat macet."

Sample Fixed Banner