Logo Saibumi

Nyeri Lutut pada Manula, Gejala dan Penyebabnya

Nyeri Lutut pada Manula, Gejala dan Penyebabnya

Ilustrasi | Ist

Saibumi.com - Nyeri lutut pada orang tua sangat umum terjadi. Lutut adalah sendi terbesar dan paling kompleks dalam tubuh. Cedera dan penyakit pada lutut merupakan penyebab tersering kecacatan, nyeri, dan hilangnya waktu beraktivitas.

Ketidaknyamanan dapat berhubungan dengan berbagai macam penyakit. Penyebab nyeri biasanya berasal dari sendi lutut. Kadang-kadang, penyebab di tempat  lain juga dapat memicu rasa sakit pada sekitar lutut. Masalah yang memang berasal dari sendi lutut  umumnya mudah untuk didiagnosis dan diobati oleh dokter pelayanan primer Anda, rheumatologist, atau ahli bedah ortopedi.

Secara statistik, orang Amerika memiliki kemungkinan hampir 100% pernah mengalami episode nyeri lutut setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Insiden nyeri lutut akan lebih tinggi dengan bertambahnya usia dan oleh karena itu nyeri lutut sangat umum terjadi pada manula.

Serangan awal nyeri lutut mungkin dapat berespon dengan pengobatan rumahan seperti  istirahat, pemberian es atau penghangatan, obat anti-inflamasi, penurunan berat badan, dan program latihan low-impact. Nyeri lutut yang berlangsung lebih dari 10 hari dan berkaitan dengan pembengkakan pada sendi atau ketidakmampuan untuk menumpu beban tubuh, umumnya memerlukan kunjungan ke dokter. Pemeriksaan fisik x-ray dan kadang-kadang tes darah termasuk dalam evaluasi diagnostik.

Penyebab umum nyeri lutut

Penyebab di dalam sendi lutut:

a. Osteoarthritis

b. Robekan Meniskus

c. Rheumatoid Arthritis atau inflamasi

d. Gout

e. Infeksi Sendi Lutut

f. Tendonitis atau Bursitis

Penyebab di luar sendi lutut:

a. Arthritis panggul

b. Sciatica

Osteoarthritis ( OA ) adalah penyebab paling umum nyeri lutut pada manula. Kejadian ini sedikit lebih tinggi pada wanita dibanding pria. Peningkatan angka obesitas dan penurunan kebiasaan olahraga telah mengakibatkan epidemi OA dalam masyarakat kita. Secara fisik sering didapatkan gambaran kaki yang bengkok terutama saat menumpu beban tubuh. Di dalam lutut, hilangnya sebagian lapisan tulang rawan pada ujung tulang memungkinkan tulang untuk saling bergesekan. Umumnya arthritis ini juga terkait dengan cedera meniskus dalam waktu lama

Meniskus adalah struktur pada lutut berbentuk seperti  cincin , seperti karet dan bertindak untuk membantu meningkatkan bidang kontak antara tulang paha dan tulang kering saat mereka bertemu di sendi. Gerakan memutar pada sendi lutut dan jongkok telah diketahui dapat meningkatkan resiko cedera meniskus dan dapat menjadi penyebab rasa sakit. Kondisi ini sering terjadi pada atlet muda, dapat juga terjadi pada orang tua.

Rheumatoid arthritis terjadi lebih jarang dari keseluruhan osteoarthritis dan terjadi lebih sering pada wanita dibanding pria dengan rasio 8:1. Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh pasien mulai menyerang lapisan sinovial yang menutupi tulang rawan di dalam sendi. Ciri-ciri khusus dari penyakit ini termasuk: rasa kaku pada pagi hari setidaknya satu jam, ruam, keterlibatan simetris, dan kelainan bentuk sendi terutama di tangan.

Gout lebih sering terjadi pada pria usia lanjut. Hal ini terjadi jika asam urat dalam darah melebihi titik jenuh dan mengkristal dalam sendi sinovial pada pasien yang sensitif secara genetik. Kristal tersebut menyebabkan rasa sakit mendadak, pembengkakan dan kemerahan. Tonjolan pada ibu jari kaki merupakan yang paling sering terlibat, diikuti oleh pergelangan kaki dan sendi lutut. Serangan bisa dipicu oleh diet makanan tinggi urat, alkohol. Beberapa diuretik dikenal dapat memicu serangan.

Tendonitis dan bursitis lutut adalah umum pada pasien dari segala usia. Mereka dapat terjadi sebagai akibat dari cedera, aktivitas berulang, kondisi rematik atau bahkan gout. Umumnya lokasi nyeri adalah pada tempat yang khusus terdapat tendon atau kantung bursa dan pengobatannya bersifat suportif dengan obat anti-inflamasi dan istirahat. Kondisi ini biasanya akan hilang dengan segera.

Osteoarthritis (OA) dari sendi pinggul dapat menyebabkan nyeri menjalar ke lutut. Pasien kadang-kadang datang dan yakin bahwa lutut adalah sumber masalah, namun setelah dilakukan X-ray lutut menunjukkan hasil yang normal dan X-ray pinggul pada sisi yang sama menunjukkan arthritis yang parah.

Nyeri sciatic yang berasal dari bagian pinggang bawah biasanya menghasilkan nyeri menjalar di lutut. Saraf tulang belakang keluar dan menyatu menjadi saraf sciatic. Tekanan pada saraf ini yang disebabkan arthritis atau masalah bantalan sendi  dapat menghasilkan rasa sakit di bagian belakang kaki dan belakang lutut. Kram, kejang, dan mati rasa sering menyertai nyeri sciatica.

Kesimpulan

Ada banyak penyebab nyeri lutut pada manula, kondisi yang paling tidak serius dan dapat diobati dengan menggunakan obat anti-inflamasi, istirahat, kompres es, dan modifikasi aktivitas. Jika gejala tidak sembuh lebih dari 10 hari sampai 2 minggu disarankan berkunjung ke dokter. Yang tepat akan membuat pengobatan cepat dan tepat dimulai. Nyeri lutut yang lama dan meningkat pada manula, paling mungkin berhubungan dengan arthritis. Arthritis adalah hilangnya tulang rawan yang meliputi ujung tulang yang bertemu di sendi lutut. Jika hal ini sudah parah maka obat-obatan, terapi fisik, olahraga dan penurunan berat badan tidak menyelesaikan masalah. Hasil operasi penggantian sendi lutut mempunyai keberhasilan sangat tinggi dan tingkat kepuasan pada pasien tertentu. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner