Logo Saibumi

5 Persiapan Traveling Ini Akan Membuat Liburan Lebih Tenang

5 Persiapan Traveling Ini Akan Membuat Liburan Lebih Tenang

Ilustrasi | Istimewa

Saibumi.com - Sebentar lagi sudah musimnya liburan. Dijamin pada liburan kali ini, suasananya akan lebih ramai sebab waktu liburan Idul Fitri dan rehat kenaikan kelas anak sekolah hampir berbarengan. Otomatis dengan kondisi demikian, Anda harus lebih jeli menyusun rencana liburan Anda. Membuat rencana dan menyiapkan dari jauh-jauh hari pun tidaklah tabu karena dengan demikian, liburan Anda akan menjadi lebih tenang sebab tidak terburu-buru persiapan yang singkat.

Traveling yang dianggap hal simpel sering kali membuat kebanyakan orang kurang apik menyiapkan liburannya. Menyiapkan liburan bagi kebanyakan orang ini hanyalah dengan menentukan tujuan mana yang akan didatangi. Untuk masalah-masalah lainnya, sering kali mereka khilaf. Alhasil, ketika liburan itu sudah di depan mata, mereka menjadi kelimpungan sebab tidak ada persiapan yang matang.

Anda tentunya tidak ingin merasakan liburan yang ribet, terburu-buru, dan disertai rasa panik. Guna menghindari itu semua, yuk simak persiapan traveling apa saja yang mesti dibuat sebelum liburan Anda tiba. Ternyata, ada beberapa hal sepele yang kerap dipandang remeh, namun nyatanya penting banget, loh!

1. Jangan Hanya Tentukan Destinasi, Atur Juga Kegiatan dan Anggarannya

Sumber gambar : slate.com 

Menentukan daerah kunjungan liburan memang sangat penting. Sebab dengan begitu, Anda juga mulai dapat mengatur mengenai transportasi maupun akomodasi menuju tempat tersebut. Memesan tiket online untuk penerbangan menuju lokasi melalui agen travel terpercaya, seperti Traveloka dan lainnya, pun akan membuat rencanamu menjadi lebih matang dan terealisasi. Namun, sebelum memastikan membeli tiket online tersebut, Anda harus yakin benar tentang kegiatan apa saja yang dapat dilakukan di destinasi tersebut. Jangan sampai, liburan Anda hanya dihabiskan dengan berleha-leha di kamar hotel.

Mulai buatlah jadwal kegiatan traveling secara terperinci. Buatlah pula asumsi pengeluarkan yang mungkin dipakai, lalu sesuai dengan budget yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda akan lebih leluasa membeli tiket online yang pas dengan saku Anda. Melalui jadwal kegiatan yang tersusun rapi, Anda pun tidak akan mati gaya ketika hari traveling Anda tiba sebab semua acara sudah tercatat dan hanya tinggal dilaksanakan.

1. Simpan Dokumen yang Diperlukan di Tempat Khusus

Sumber gambar : oncallinternational.com

Karena sudah merasa tenang sebab tiket online sudah dibeli dan kamar hotel sudah dipesan, kebanyakan orang menjadi agak ceroboh. Dengah sembrono, mereka menyimpan dokumen-dokumen yang diperlukan di mana saja. Lalu pada hari menjelang keberangkatan, mereka menjadi kalang-kabut sebab dokumen perjalanan yang diperlukan sulit untuk dikumpulkan.

Meskipun terkesan remeh-temeh, menyimpan dokumen perjalanan secara apik dalam satu tempat khusus akan sangat membantu perjalanan liburan Anda, loh. Sediakan pouch ataupun dompet travel yang cukup besar guna menaruh tiket transportasi, bukti pesanan kamar hotel, hingga paspor dan visa jika memang tujuan Anda ke luar negeri.  Dengan begitu, waktu untuk mencari berbagai dokumen menjelang hari H liburan bisa dialihkan untuk berbagai kepentingan lain yang lebih menyenangkan.

3. Catat Perlengkapan Apa Saja yang Mesti Dibawa

Sumber gambar : pad3.whstatic.com

Liburan tidak hanya melulu soal busana yang mesti disiapkan untuk packing loh! Ada banyak barang lain yang dapat membantu perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan. Supaya benda-benda tersebut tidak ada yang terlupa ketika Anda berangkat, lebih baik Anda mencatatnya terlebih dahulu. Proses mencatat ini menjadi penting karena ketika Anda traveling ke tempat yang satu, tentu bawaannya berbeda jika ke tempat lain.

Sebagai contoh, saat memutuskan pergi ke kawasan pantai, kacamata hitam sampai sunblock harus masuk ke dalam list bawaan Anda karena akan membantu kenyamanan Anda ketika berjalan-jalan di bibir pantai. Namun, saat pergi ke kawasan pegunungan, perlengkapan yang lebih dibutuhkan adalah sweater atau jaket karena udara di sana relatif dingin. Karena itu, catatan mengenai perlengkapan ini harus berkorelasi dengan rencana kegiatan wisata yang sudah Anda buat sebelumnya.  Satu lagi, benda-benda pelengkap seperti kamera, tongsis, sampai headset jangan sampai terlupa, ya.

4. Mulai Packing Seminggu Sebelum Berangkat

Sumber gambar : notable.ca

Terburu-buru hanya akan membuat Anda melupakan banyak hal. Termasuk packing yang terburu-buru, hanya membuat potensi berbagai macam barang yang penting menjadi ketinggalan. Lebih baik, Anda mulai menyicil packing seminggu sebelum waktu keberangkatan menuju destinasi yang dituju. Dengan waktu yang lebih panjang tersebut, Anda akan lebih santai dan dapat dengan bijak memilah barang apa saja yang mesti dibawa dan bagaimana cara menyusunnya dalam tas travel Anda.

Jika pakaian yang Anda bawa memang cukup banyak, susunlah dengan menggulungnya sebelum dimasukkan ke dalam tas atau koper. Dengan begitu, baju juga tidak akan lecek dan lebih rapi ketika dipakai. Sediakan pula tas kecil untuk menyimpan berbagai dokumen perjalanan, dompet, hingga gadget Anda. Ini juga mempermudah Anda mengambil benda-benda tersebut setiap saat.

5. Jaga Stamina Tetap Fit

Sumber gambar: womenpla.net

Nah, ini dia yang sering dilupakan oleh banyak orang sebelum mulai berlibur. Kebanyakan sibuk mengatur rencana liburannya, tanpa menyadari bahwa tubuhnya ternyata berangasur melemah. Dengan kondisi yang tidak sehat, kemungkinan terjeleknya adalah Anda mesti membatalkan rencana traveling yang sudah disusun secara matang. Sementara itu, jika memaksa tetap pergi dengan stamina yang kurang fit, Anda bisa jadi hanya menjadi penghuni tetap kamar hotel.

Supaya tidak mengalami kejadian demikian, menjaga stamina sebelum liburan mutlak diperlukan. Pastikan istirahat Anda cukup dan perhatikan pola makan Anda. Jika memang hendak melakukan traveling yang ekstrem, seperti mendaki gunung hingga rafting, sangat dianjurkan untuk berolahraga rutin sebelum keberangkatan. Dengan begitu, tubuh Anda akan prima dan Anda dapat berlibur tanpa kenal lelah.

Terbukti bukan bahwa persiapan liburan itu bukan hanya soal menentukan tujuan wisata yang hendak Anda kunjungi? Dengan melakukan berbagai persiapan di atas, dijamin liburan Anda akan lebih tenang dan menyenangkan.(*) 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Our Partner

PARTNER KAMI

suara.com
Menyelam di Pulau Komodo, Turis Singapura Hilang

Rinta Paul Mukkam hilang ketika melakukan diving di perairan Gillilawa Laut, di perairan Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (13/7) pukul 11.40 wita. K

Selain Perlancar ASI, Torbangun Juga Bisa Atasi Diabetes

Khasiat torbangun yang dapat mengatasi diabetes sudah dibuktikan secara ilmiah.

ITB Tanggung Biaya Korban Reruntuhan Batu Tempel

Semoga para mahasiswa yang mengalami kecelakaan dalam peristiwa ini segera pulih seperti sediakala.

Official dan Pemain Persija Sempat Kena Pukul Bobotoh

Insiden itu terjadi usai laga Persib melawan Persija

Sample Fixed Banner