Logo Saibumi

Protes, Ajip Rosidi Kembalikan Habibie Award

Protes, Ajip Rosidi Kembalikan Habibie Award

Budayawan Ajip Rosidi tiba di The Habibie Centre untuk mengembalian Habibie Award yang diterimanya pada 2009, 26 Mei 2016, Jakarta Selatan | TEMPO

Saibumi.com, Jakarta - Budayawan Ajip Rosidi mengembalikan Habibie Award yang pernah diterimanya pada 2009. Ajip mengembalikan penghargaan itu sebagai bentuk protes atas penghargaan Habibie Award 2015 yang diterima Nina Herlina Lubis. Ajip menganggap Nina tak pantas menerima anugerah itu lantaran dinilai sebagai penjiplak.

Ajip menyambangi Habibie Centre di kawasan Kemang, Jakarta Selatan untuk mengembalikan penghargaan itu. Namun, dia tak bisa menemui pejabat yang berwenang di sana. "Habibie Award kecolongan. Saya menghormati Pak Habibie, makanya saya kembalikan," kata Ajip.

Ajip mengatakan penghargaan itu lebih pantas diberikan kepada Sapardi Djoko Damono atau Zawawi Imron yang saat itu juga menjadi nominasi. Dia menilai selama ini para juri kompeten dalam memutuskan pemenang. "Kompeten sih kompeten tapi sebagai manusia, siapa yang tau," kata dia."Pak Habibie orang besar, kita hargai, tapi diselewengkan sama orang-orang kepercayaannya."

Ajip sudah membuat janji dengan pihak Yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi The Habibie Centre sejak bulan lalu tapi belum dapat ditemui.

Selain mengembalikan piagam, uang sebesar US$ 25 ribu juga akan diserahkan ke pihak yayasan. Dia sudah menyiapkan sejumlah uang untuk dikembalikan tapi belum diterima pihak yayasan.

Ajip Rosidi menerima piagam tahun 11 November 2009 atas karya dalam bidang ilmu kebudayaan. Hari ini, kembali pihak yayasan belum dapat ditemui dan piagam hanya dikembalikan ke pihak keamanan yayasan dengan surat tanda terima seadanya. Demikian Tempo.co. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Our Partner

PARTNER KAMI

suara.com
Perancang Atap 'Terbang' Markas Apple, Bikin Kubah Geser Terbesar

Perancang kantor pusat Apple memiliki proyek baru membuat kubah geser terbesar.

Nissan Leaf Terbaru Bisa Dikendarai Hanya dengan Satu Pedal

Nissan Leaf generasi terbaru hanya punya satu pedal untuk gas dan rem.

Kelakar Jokowi Soal Tangga Keramat di Kampus UGM

Jokowi menghadiri Kongres ke-9 Pancasila di kampus UGM, Yogyakarta.

Ogah Naik Helikopter, Aksi "Ngambek" Putri Charlotte Bikin Gemas

Pangeran George dan Putri Charlotte ikut dalam tur kerajaan pada minggu ini.

Sample Fixed Banner