Logo Saibumi

Polda Lampung Minta Warga Pesawaran Tertibkan Keamanan Lingkungan

Polda Lampung Minta Warga Pesawaran Tertibkan Keamanan Lingkungan

Suasana sosialisasi Kamtibmas di Balai Desa Bagelen.| Reaftoni Fardani/saibumi.com

Saibumi.com, Pesawaran - Polisi Daerah (Polda) Lampung meminta kepada seluruh masyarakat yang berada di Kabupaten Pesawaran agar meningkatkan sistem keamanan lingkungan.  Hal ini dikatakan AKBP Ahmad Muchtarom, Kepala Bagian Analis Direktorat Bimnas Polda Lampung, Rabu, 10 Februari 2016. 

"Kita ingin masyarakat di Kabupaten Pesawaran meningkatkan keamanan lingkungan," kata dia, dalam acara sosialisasi Kamtibmas di Balai Desa Bagelen.

Kegiatan itu mengusung tema | Melalui Pembinaan Polmas Kita Tingkatkan Peran Potmas, Komunitas, dan Siskamling Guna Menciptakan Kamtibmas yang Kondusif |.

Ahmad Muchtarom mengatakan apabila di desa diadakan siskamling akan berdampak penekanan angka kriminalitas yang berada di desa, terutama dalam masalah narkoba yang saat ini merajalela.

"Kita berkumpul di sini dengan niatan beribadah dan saya juga mengingatkan kepada masyarakat mari kita jauhi narkoba. Karena tidak ada gunanya," kata dia.

Lebih jauh, Ahmad Muchtarom juga meminta bantuan kepada seluruh masyarakat agar dapat membantu mengaktifkan kantibmas ini. Karena tantangan Polda adalah sulitnya mengajak masyarakat untuk mengaktifkan siskamling.

"Ayolah kita ciptakan desa yang aman dan nyaman dengan mengadakan siskamling ini. Karena dengan diadakannya siskamling ini dapat menekan angka kriminalitas di desa kita sendiri. Kalau masyarakat hanya mengandalkan polisi itu tidak cukup. Jadi kami mengimbau ayo jadilah polisi untuk diri sendiri, keluarga, dan lingkungan," pungkasnya. 

Sementara itu, Kasi Binsiskamling Polda Lampung Kompol Saidi Wijaya Kusuma, menjelaskan keamanan bukan semata tanggung jawab polisi, tapi keamanan adalah tanggungjawab kita semua. Termasuk masyarakat juga menjaga keamanan di daerahnya.

"Daerah Kecamatan Gedongtataan dan Kecamatan Negerikaton sebanyak 38 desa yang masuk dalam zona keamanaan Polsek Gedongtataan. Sebanyak itu desa tidak mungkin Polsek Gedongtataan dapat mengamankan semua tanpa bantuan masyarakat desa tersebut,” kata dia. (*)

Laporan wartawan saibumi.com, Reftoni Fardani 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Aplikasi Topos