Logo Saibumi

Pulau, Anak Tiri Wisata Lampung

Pulau, Anak Tiri Wisata Lampung

Ilustrasi pulau di Lampung | Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Berkeliling perairan Lampung, satu hal yang cenderung dianaktirikan dalam pengembangan wisata di Lampung adalah kekayaan pulau yang dimiliki Lampung. Potensi terpinggirkan yang dimiliki Lampung ini diulas Danlanal Lampung Kol Laut (P) Yana Hardiyana saat diwawancarai media online Lampung, Saibumi.com.

"Lampung ini punya sekitar 70an pulau berbagai ukuran. Bicara data pulau yang Lampung miliki, sampai sekarang saya selaku Danlanal belum dapat informasi paling update soal kondisi puluhan pulau yang Lampung miliki. Sumber informasi utama ada di Pemerintah Daerahnya. Siapa yang memiliki, siapa yang mengusahakan, dipakai buat apa, kondisinya bagaimana kami belum dapat data sahnya. Harusnya kita AL diberitahu dan data paling updatenya juga kita harusnya pegang tanpa diminta," kata Yana soal sudah jadi pengetahuan umum di Lampung bahwa kebanyakan pulau di Lampung sering dinyatakan sudah berganti pemilik dengan orang dari luar Lampung, bahkan WNA.

"Yang saya lihat memang banyak pulau itu yang dikelola swasta dan pribadi yang dipakai jadi tempat peristirahatan. Bagaimana status kepemilikan pulau atau peruntukan pulau buat apa itu yang saya lihat disini sepertinya tergantung aturan dan keputusan pemerintah daerah," tambahnya. Setidaknya mengetahui dengan jelas status kepemilikan pulau jadi awal yang baik untuk selanjutnya mengeksplore pulau tersebut, apalagi kalau hendak dijadikan lokasi wisata.

Yana mengakui kurang paham masalah legal tidaknya ijin usaha di pulau yang sudah dieksplore jadi lokasi wisata. Ketiadaan informasi yang akurat soal pulau ini menjadi tantangan sehari-hari bagi anggota TNI AL dalam tugas utama pengamanan perairan Lampung, minimal dengan patroli disekitar pulau yang dimiliki Lampung. Sering juga mendarat buat sekadar cek pulau yang kosong buat antisipasi keamanan.

"Setahu saya, belum ada satupun pulau yang pengoperasiannya atau pengelolaannya dipegang oleh pemerintah derah. Belum ada pulau khusus yang dipegang pemerintah daerah. Semuanya dikelola swasta atau pribadi," katanya lagi.

Benteng Daratan

Ini sangat disayangkan karena keberadaan pemerintah daerah ditiap pulau tersebut artinya sedikit banyak kelestarian pulau itu lebih terjamin lewat perwakilan. Bentuk kedaulatan pemerintahan daerah benar-benar diakui hadir dimasyarakat yang turun temurun sudah ada di pulau tersebut. Apalagi pulau ini juga punya fungsi sebagai benteng daratan Lampung. Pulau yang ada ini melindungi daratan besar dari pengaruh angin dan kekuatan arus dari Selat Sunda dan Samudera Hindia. Kekuatan arus dan gelombang besar dari kedua tempat ini bisa dipecah pulau sehingga kekuatannya berkurang sebelum menyentuh daratan utama Lampung.

"Harusnya pulau itu milik negara semua, tidak boleh pindah hak milik. Kalau pengelolaan memang bisa diberikan kepihak swasta supaya keberlangsungan pulau lebih terjamin. Tapi soal kepemilikan tidak bisa berganti, itu merupakan milik negara yang diawasi lewat pemerintah daerah," lanjut papar Yana.

Puluhan pulau yang dimiliki Lampung juga beragam kondisinya. Ada yang belum tersentuh, ada yang sudah jadi lokasi wisata andalan, ada yang mulai ditinggalkan, dan ada pula yang sedang sekarat menunggu mati karena tak dipelihara sehingga tergerus air laut.

"Nggak usah jauh-jauh, pulau milik AL yakni Pulau Kelagian. Dulu memang milik masyarakat asli disana yang diserahkan pemerintah menjadi lokasi latihan AL. Secara kasar memang sudah tersentuh oleh kita tapi terpelihara dengan baik belum. Selama ini dipakai buat areal latihan AL atau areal basis AL," kata Yana memberi contoh.

Yana sudah siapkan program supaya Pulau Kelagian lebih terbuka lagi buat umum. "Selama ini memang sudah terbuka untuk umum kalau latihan tidak ada. Yang kelola selama ini masyarakat asli pulau itu dengan buat warung. Saya rencanakan jadi tempat wisata umum dengan pengelolaan lebih profesional tanpa meninggalkan fungsi utama pulau tersebut sebagai basis AL. Rencana terdekat mau buat lapangan tembak disana. Jadi minimal para anggota AL terdorong buat lebih sering datang kesana buat latihan tembak. Yah, minimal sebelum latihan nembak bisa bersih-bersih pulau sebentar, " jelasnya memberi bocoran. (*)

Laporan wartawan Saibumi.com Saryah M Sitopu

 

 

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner