Logo Saibumi

Malam Ini, Taman Budaya Lampung Gelar Tari dan Musik Kreasi

Malam Ini, Taman Budaya Lampung Gelar Tari dan Musik Kreasi

Inilah panggung yang akan menampilkan tari dan musik kreasi dalam rangka menyongsong Festival Krakatau | Arif Wiryatama / Saibumi.com

Saibumi.com, Bandar Lampung - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung menggelar Festival Tari dan Musik Kreasi dengan tema Pesona Budaya Lampung 2015 dalam rangka memeriahkanFestival Krakatau, Sabtu 25 April 2015.

Acara ini digelar di Taman Budaya Lampung gedung teater tertutup pukul 19.00 wib. Untuk para pengunjung yang ingin  menyaksikan aksi kreasi tari se-provinsi Lampung secara gratis di Taman Budaya Lampung, jl JL. Cut Nyak Dien, No. 24 Bandar Lampung.

Menurut salah satu pengurus Dewan Kesenian Tanggamus (DKT) Firman Yendi acara ini diikuti kab/kota se provinsi lampung yakni, Lampung Utara, Way Kanan, Metro, Bandar Lampung, Lampung Tengah, Pesisir Barat, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Barat, tulang bawang, Pesawaran, Mesuji, Pringsewu, Lampung Selatan, Tulang Bawang Barat.

 "Ya mas, dari setiap daerah akan menampilkan tari kreasi yang diiringi musik berbeda, dan ini nantinya yang akan menjadi nilai dari sebuah perlombaan," kata Firman Yendi.

Pada lain sisi, menurut salah satu pengiring musik tari kreasi dari kabupaten Pringsewu Rio Riyandika, pihak nya dipanggil dari Dinas Kesenian dan Pariwisata kabupaten Pringsewu untuk menjadi perwakilan dari kabupatennya. "Ya, kami dipanggil dari dinas sebagai perwakilan dari kabupaten kami dan dalam  memeriahkan festival krakatau yang diadakan setiap tahun sekali,” kata dia.

Lanjut dia, pihaknya sudah melakukan latihan selama 2 bulan terakhir demi untuk persiapan menyambut ulang tahun Pringsewu  Ke-6 tanggal 25 Maret 2015 dan menyambut Festival Krakatau. “Dari kabupaten kami mempersembahkan tarian yang bernama Putkhei Pekhing, dan menjadi juara ketika memperingati hari ulang tahu Pringsewu," kata kepada Saibumi.com di Taman Budaya Lampung, Sabtu 25 April 2015.

Ia menjelaskan, tarian kreasi kabupaten Pringsewu Putkhei Pekhing yang beranggotakan 8 penari serta diiringi 7 orang yang mengiri musik ini mempunyai sebuat arti, yaitu prajurit perempuan yang bersenjatakan bambu yang fungsinya untuk menyambut dan mengawal Raja.

Ia berharap,  perwakilan tari kreasi dari kabupaten pringsewu dapat memenangkan perlombaan festival krakatau ini. karena untuk pemenang tari kreasi dalam memperingati festival kratau ini nantinya akan menjadi perwakilan Lampung untuk mengikuti event Nasional. (*)

Laporan Wartawan Saibumi.com Arif Wiryatama

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Our Partner

PARTNER KAMI

suara.com
Ditemukan Situs Berbentuk Batu di Cianjur

Bebatuan berupa situs tersebut terletak di atas bukit dan tertutup ilalang.

Kabut Asap di Meulaboh Kian Pekat

Kabut asap sangat parah sejak Minggu pukul 20.30 WIB, dan lebih menyesakkan pernafasan dibandingkan dua hari sebelumnya.

DK PBB Gelar Pertemuan Bahas Kekerasan di Jerusalem

"Swedia, Mesir dan Prancis meminta pertemuan tersebut untuk "segera membahas bagaimana seruan untuk de-eskalasi di Jerusalem dapat didukung."

Lion Air Batam-Bandung Alami Gangguan Mesin

"Sewaktu ingin lepas landas, dan saat kekuatan untuk terbang. Tiba-tiba ada bagian mesin pesawat macet."

Sample Fixed Banner