Logo Saibumi

Lukisan Abad ke-18 Ini Bernilai Rp13,8 Triliun

Lukisan Abad ke-18 Ini Bernilai Rp13,8 Triliun

Dok.Independent

Saibumi.com, Paris - Akhirnya, lukisan karya pelukis post-impressionisme asal Prancis Paul Gauguin meraih rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah. Lukisan dua wanita Tahiti tersebut terjual Rp 13,8 triliun. 

Seperti dilansir dari Independent, Jumat 20 Februari 2015,  karya Gauguin menghapus rekor pelukis Cezanne yang sebelumnya mencapai angka penjualan Rp 2,1 triliun pada 2011 silam. 

Namun, hingga kini belum diketahui siapa yang membeli lukisan termahal tersebut. Ia diketahui melukisnya di tahun 1892 setelah Gauguin tiba di Tahiti dan paling mahal dijual di Galeri Durand-Ruel di Paris.

Selama hampir 50 tahun, lukisannya dipajang di dinding Kunstmuseum Basel, Swiss. Seorang sejarawan seni mengatakan ini adalah ikon dari seluruh lukisan Gauguin. 

"Lukisan ini yang paling dicari pelukis di dunia," katanya. 

Dalam sebuah wawancara kepada New York Times, dua orang art dealer mengatakan pembelinya adalah Qatar Museum. Museum tersebut telah mengoleksi karya seniman dunia ternama seperti Andy Warhol dan seniman terkaya di Inggris Damien Hirst.

Rudolf Staechelin yang dipercaya mengelola lukisan-lukisan Gauguin juga membenarkan identitas pembeli masih dirahasiakan. (*)

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Sample Fixed Banner