Logo Saibumi

Masjid Didsbury, Awalnya Gereja yang Ditutup 1962

Masjid Didsbury, Awalnya Gereja yang Ditutup 1962

Saibumi.com, Manchester - Selain Masjid Qadria Jilania yang merupakan bekas gereja, ada lagi masjid lain yang dulunya merupakan tempat ibadah umat kristen. Ya, namanya Masjid Didsbury yang berada di kawasan jalan Burton, Didsbury Barat, Kota Manchester. 

Bangunan masjid ini bekas gereja komunitas metodis dan merupakan bangunan kuno yang berdiri sejak 1883. Tahun 1962 gereja itu ditutup, kemudian beralih menjadi masjid serta pusat agama Islam. Bentuknya yang menyerupai gereja masih dirawat sampai saat ini.  

BACA JUGA: PT Indo Cafco Lampung Minta Petani Kopi Jual Langsung ke Perusahaan

Tak hanya itu, bagian dalam pun masih menyerupai gereja hanya saja memiliki mimbar untuk imam.

Mohammad Al Khayat, salah seorang pengurus masjid ini, seperti dikutif dari Detik.com, bercerita pada awalnya ada kelompok muslim Suriah, yang dulunya mereka sering beribadah bersama di tempat yang kecil, lalu mereka melihat bangunan ini yang sangat tepat untuk dijadikan masjid. Karena saat itu gereja ini sudah tidak lagi difungsikan sebagai gereja, akhirnya di tahun 1967 mereka meminta izin kepada pemerintah untuk dijadikan tempat ibadah umat muslim. 

Alasannya komunitas Suriah memilih gereja untuk dijadikan masjid adalah karena tempat ini cocok sekali, tempatnya luas, posisi kiblat pun sangat pas, dan tempat ini sudah siap pakai jadi tidak perlu membangun bangun lagi. 

Oleh katena tempatnya yang cukup kondusif dan layak dipakai untuk kegiatan masjid inilah yang menjadi alasan mengapa banyak komunitas muslim mulai membeli gereja gereja yang tidak terpakai lagi. Pemerintah pun mengizinkan asalkan bangunan kuno bersejarah ini tetap terjaga bentuk dan keasliannya. Alhamdulillah, walaupun bangunan gereja telah berubah fungsi, lingkungan sekitar masjid, dan pada umumnya masyarakat Manchester dapat menerima keadaan tersebut pada saat gereja mulai pelan-pelan dipugar kembali.

Masjid Terpenting 

Masjid ini juga merupakan salah satu masjid terpenting yang ada di Inggris, karena ada lebih dari 250 ribu komunitas muslim yang bermukim di kota Manchester ini yang merasa terbantu dengan adanya masjid yang ada di pusat kota.

Selain itu banyaknya aktivitas Islami yang membuat masjid ini tidak pernah sepi kedatangan jemaahnya. Komunitas muslim di kota ini cukup besar dimana anggotanya dari berbagai kalangan dan usia. Namun kebanyakan berasal dari Asia dan Timur Tengah. Ada sekitar 55 masjid di Manchester, namun tetap saja kapasitasnya kadang belum mencukupi umat muslim di sini yang hendak melaksanakan salat di masjid. Sering kali hari Jumat Masjid Didsbury ini mengadakan dua kali salat Jumat dalam satu hari. 

Selain banyak aktivitas di masjid ini, bangunannya yang bersejarah dan tetap dipelihara inilah juga yang membuat kaum nonmuslim juga ingin datang untuk sekedar melihat, mengenang ataupun yang ingin mengetahui Islam yang sebenarnya. 

Semua patung dan ornamen nasrani yang ada kini telah dipindahkan, berganti dengan mimbar dan ornamen Islam lainnya. Kaca patri yang terdapat gambar gambar tokoh kristen pun telah diganti. Bangunan bekas gereja ini terdiri dari dua bangunan besar yang telah digabung menjadi satu. Secara keseluruhan masjid yang bergaya ghotik ini mampu menampung 1000 jamaah sekaligus. 

Bangunan pertama dipakai sebagai masjid dan perpustakaan, sedangkan bangunan kedua difungsikan sebagai ruang salat khusus jamaah perempuan. Sayang adzan tidak boleh diperdengarkan keluar masjid. Karena kebanyakan di sini tetangganya nonmuslim. Mereka tidak mau terganggu oleh suara adzan. Masjid Didsbury mengkumandangkan adzan hanya di dalam masjid saja.  

Masjid ini juga menyiarkan adzan, shalat, salat Jumat, pengingat harian dan pembicaraan lain dan kuliah yang diberikan di ruang masjid lewat siaran radio Masjid dengan frekuensi operasi: 454.125mhz yang meliputi radius lima mil di sebagian besar Manchester Selatan. Jadi bagi mereka yang berhalangan ke masjid dapat mengikuti ceramah-ceramah yang diberikan langsung melalui radio dan metode ini juga sudah diaplikasikan di masjid-masjid yang lain. Subhanallah!! (*)

BACA JUGA: FBI Takut Mobil Tanpa Supir Google

#

Saibumi.com

merupakan portal berita Lampung, media online Lampung yang fokus kepada penyajian berbagai informasi mengenai berita online Lampung, berita terkini Lampung dan berita terkini Indonesia baik dalam bentuk news (berita), views (artikel), foto, maupun video.

Newsletter Saibumi

BERLANGGANAN BERITA

Bethsaida Hospital | Rumah Sakit Tangerang, Gading Serpong